ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK WIRA KESUMA JAYA NAMORAMBE TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ira Rafiza, Putri Juwita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Di SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang melukiskan, mengambarkan, atau memaparkan keadaan objek yang diteliti sebagai apa adanya, sesuai dengan situasi dan kondisi ketika penelitan tersebut dilakukan, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe sudah terlaksana dengan kategori Baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran E-learning guru dan peserta didik menggunakan Google Classroom, Whatsapp dan Zoom. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini guru lebih sering menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi dengan peserta didik, selain itu Whatsapp digunakan guru untuk membagikan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menggunakan Google Classroom dan Zoom untuk penyampaian materi pembelajaran.

Keywords


Analisis, E-Learning, Hasil Belajar

References


Adawi, Rabiah. Pembelajaran Berbasis e-Learning. Jurnal. Universitas Negeri Medan:

Affandi, Muhammad Raihan dkk. 2020. Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-learningDalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, p-ISSN: 2337-5973 e-ISSN: 2442-4838 dalam http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, Irnin Agustina Dwi dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 24 No. 2, April - Juni 2018 p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220 dalam

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/viewFile/10525/9428

Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Jakarta: Salemba Medika

Sari, Dede Shinta dkk. 2021. Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol. 9 No. 1, April 2021, page. 59-69 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/

Sawitri, Dara. 2020. Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume : 02, Nomor : 01, April 2020

Siahaan, Sudirman. 2003. E-Learning(Pembelajaran Elektronik) sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Sudarsana, I Ketut. 2016. Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunansumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, ISSN: 2548 – 3110 dalam http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/34/43

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Zamroni, Amin. 2017. Strategi Pendidikan Akhlak pada Anak. Jurnal pendidikan akhlak usia dini, Vol.12. No.12 dalam https://journal.walisongo.ac.id




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: