IMPLEMENTASI NILAI MORAL DALAM TRADISI SAPARAN MASYARAKAT DESA SUMBEREJO TANI KECAMATAN PAGAR MERBAU KABUPATEN DELI SERDANG

Nadila Sari, Rahmat Kartolo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan alasan masyarakat desa Sumberejo Tani yang tetap mempertahankan tradisi Saparan (2) mendeskripsikan prosesi tradisi Saparan di desa Sumberejo Tani (3) mendeskripsikan nilai-moral yang terkandung dalam tradisi Saparan masyarakat desa Sumberejo Tani (4) mendeskripsikan implementasi nilai-moral dalam kehidupan masyarakat desa Sumberejo Tani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan (1) masyarakat masih mempertahankan tradisi Saparan karena masyarakat terikat dengan tradisi Saparan. Masyarakat berharap agar mendapatkan berkah, dan dijauhkan dari malapetaka (2) pelaksanaan tradisi Saparan dimulai dengan bersih lingkungan, bersih kubur, dandan kali. Selanjutnya perayaan utama yaitu slametan yang diklasifikasikan menjadi tiga bagian dan dilaksanakan secara berurutan, yaitu perayaan komunal, perayaan individu dan perayaan yang bersifat hiburan. Perayaan komunal yaitu do’a bersamaPerayaan hiburan bertujuan untuk meramaikan suasana Saparan (3) Nilai-moral dalam tradisi ini yaitu nilai religius, gotong- royong, peduli terhadap lingkungan, kerja keras, kekeluargaan, silaturahmi, rasa solidaritas dan kerukunan (4) Nilai-moral yang terdapat dalam tradisi Saparan diimplementasikan oleh masyarakat desa Sumberejo Tani dalam kehidupan sehari-hari. Nilai religius diimplementasikan melalui kegiatan keagamaan yaitu pengajian yang rutin dilaksanakan setiap Jumat. Sementara itu, nilai gotong-royong, peduli terhadap lingkungan, kerja keras, kekeluargaan dan solidaritas dan kerukunan masyarakat tercermin dalam kegiatan-kegiatan seperti kerja bakti, membantu tetangga hajatan, dan membangun rumah.

Keywords


implementasi, tradisi saparan, nilai-nilai moral

References


Suratman, dkk. 2018. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Malang: Intimedia.

Suyahmo. 2015. Buku Ajar Filsafat Moral. Semarang:Unnes.

Hakim, Muhamad Nur. 2017. Islam Tadisional dan Reformasi Pragmatisme (Agama dalam pemikiran Hasan Hanafi). Malang: Bayu Media Publishing.

Sztompka, Piotr. 2017. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada.

Wahab, Solichin Abdul. 2017. Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan. Diakses dari http://uny.ac.id tanggal 11 Februari 2022.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: