PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR TERHADAP SISWA KELAS X TKJ 2 SMK WIRA KESUMA JAYA NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2021/2022

Ayudia Khairunnisa, Nila Afningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah ada Pengaruh Metode Project Based Learning Melalui Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Keterampiln Menulis Teks Prosedur Terhadap Siswa Kelas X TKJ 2 SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 2. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 30 orang yang berasal dari kelas X TKJ 2. Data dianalisis menggunakan uji - t untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian metode project based learning melalui media video animasi terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada siswa. Hasil uji - t menunjukkan bahwa pada uji jenjang t diperoleh hasil perhitungan t hitung > t table ( 9,083> 2,0422) dengan skor test awal (pre-test) diperoleh rata-rata skor 54,6 dengan standar deviasi -3,8. Sedangkan skor (post-test) diperoleh rata-rata 84,6 dengan standar deviasi sebesar 3,76. Artinya, dari skor rata-rata siswa sebelum menggunakan metode project based learning melalui media video animasi lebih rendah daripada sesudah menggunakan metode project based learning melalui media video animasi dan metode project based learning melalui media video animasi memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur kelas X TKJ 2 SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe Tahun Ajaran 2021/2022.

Keywords


Metode Project Based Learning, Media Video Animasi, Kemampuan Menulis Teks Prosedur

References


Arianti, Ni Nym Sri dkk. 2018. Pengaruh Metode Project Based Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2 (1) dalam https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJL/article/view/15335

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Febri, A. E dan Setya C. W. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL di SMK Krian 1 Sidoarjo. Jurnal IT-EDU. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2017 dalam https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22657/20779

Hosman, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jawa Barat : Penerbit PT. Raja Grafindo Persada

Munirah, dkk. 2021. Penerapan Metode Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII H Smpn 21 Kota Makassar. FKIP Universitas Kuningan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 17 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 272-280 dalam https://journal.uniku.ac.id › FON › article › view

Pinastiti, Gabriella Sophia. 2020. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 8 Nomor 1, April 2020, P-ISSN 2302-6405, E-ISSN 2714-9765

Pramono, Waris., dkk. 2017. Perbandingan Metode Frame By Frame Dan Expression DalamPembuatan Animasi Dua Dimensi. Jakarta:

Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Seminar Nasional Sains dan Teknologi dalam https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sem nastekp- ISSN : 2407 – 1846 e-ISSN: 2460 – 8416

Sofiah, Uni. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI SMA Islam Almaarif Singosari.Jurnal. Universitas Islam Malang

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widiyasanti, Margareta dan Yulia Ayriza. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkn Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, Nomor 1, April 2018 dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/jp ka/article/view/21489/11390




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: