Pengaruh Model Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023

Putri Ardiani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen guna melihat pengaruh dari suatu perlakuan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa menggunakan model Diskursus Multi Representasi (DMR). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 9 kelas yang berjumlah 324 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA-1 berjumlah 36 siswa dan X MIA-2 berjumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan two group posttest design  dengan instrumen tes esai.  Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dengan model Diskursus Multi Representasi (DMR) = 86,33, standar deviasi 7,079 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model konvensional (ceramah) = 73,86, standar deviasi 6,94. Berdasarkan uji normalitas yang dilakukan pada hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas post test dinyatakan bahwa sampel kedua variabel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui Thitung  = 7,55 Setelah Thitung diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% atau 0,05  dengan df=n-1, df=36-1=35 diperoleh taraf signifikansi 5% adalah 1,689. Oleh karena Thitung yang diperoleh lebih besar dari Ttabel yaitu 7,55 > 1,689 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Diskursus Multi Representasi Berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023.


Keywords


Kata Kunci : Pengaruh, Model Diskursus Multi Representasi (DMR), Menulis Teks Negosiasi.

References


Afandi Muhammad, Dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang. Unissula Press.

Antasari, Juli .,(2018). “Pengaruh Metode Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Perbandingan”, Jurnal Stindo Profesional, vol. 4, no. 3, hh 13-21.

Arikunto.2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Herdiana, L., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 9-14.

Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia–Medan. Warta Dharmawangsa, (58).

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Rahman Abdul. 2018. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Journal Of Pedagogy, Volume 1, Number 1. 2018: 54-64.

Rizal, A. 2021. Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Sebagai Alternatif Solusi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Sekolah Dasar. 1(6), 23-28.

Rukiyah, S., Widiyastuti, R., & Thahir, A. (2020). Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Dengan Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), 32-42.

Situmorang, N. M. Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas X APHC SMK Negeri 1 Singaraja Melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165-171.

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo

Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa.

Tristiyanti, Tiagita., (2016), “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi (DMR) Dan Reciprocal Learning”, Jurnal Silogisme,vol. 1, no. 2, 4-14.

Umayah, I., Annisa, P. B., & San Fauziya, D. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Di Kelas X. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(6), 987-996.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i1.15185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: