PENGARUH METODE BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2022/2023

Jenni Marlina Sitanggang, Rosmawaty Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode brainwriting berbantuan media film pendek terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 140 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan salah satu kelas yaitu kelas XI-MIPA 2 dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test .Hasil penelitian dan kesimpulan dari penelitian ini adalah: Kemampuan siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks cerita pendek sebelum menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 58,58 dengan standar deviasi 9,91176349. Kemampuan siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks cerita pendek sesudah menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,83 dengan standar deviasi  6,247222. Pengujian hipotesis memperoleh,  >  yaitu 10,22516 > 2,03452 hal ini menjadi bukti bahwa adanya pengaruh yang signifikan atau  diterima dari metode brainwriting berbantuan media film pendek pada siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 yang telah mengalami peninngkatan sesudah menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek


Keywords


Pengaruh, Brainwriting, Film Pendek, Cerita Pendek

References


Harahap, R., & Lubis, J. (2022). Beginner's Story Technique On The Ability To Respond To Article Content By Class X Students Of Sma Negeri 1 Rantau Selatan. Digital Repository Universitas Negeri Medan, 380-383.

Joyce, B. (2016). Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lubis, J., & Haidir. (2019). Administrasi Dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Medan: Kencana.

Lubis, J., & Jaya, I. (2019). Komitmen Membangun Pendidikan. Medan: Cv.Widya Puspita.

Lubis, J., Lubis, M., & Naelofaria, S. (2021). Sipda Sma Negeri 4 Medan : The Development Of Integrated Online Learning Platform. Birci-Journal, 7479-7487.

Nurhayati, N. (2015). Model Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Teknik Brainwriting Yang Berorientasi Pada Kreativitas Siswa. Riksa Bahasa.

Rohenti, H. (2021). Pengaruh Teknik Brainwriting Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Caringin Kabupaten Sukabumi. Jurnal Bahastra.

Sinaga, M. U., Mustika, S., Simamora, P. J., & Daulay, K. I. (2022). Implementasi Teknik Brainwriting Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 93-100.

Subekti, M. A. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Sma. Jurnal Parafrasa, 1-8.

Sudijono. (2007). Pengantar Statistik Suatu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Strategi Copy The Master Melalui Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Ixa Smp Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: