PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN SISWA KELAS VIII SMPN 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan pengaruh yang terjadi dalam penggunaan metode pembelajaran Brainstorming pada siswa kelas VIII SMPN 35 Medan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design, dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan dan sampel penelitian yaitu kelas VIII7. Instrumen yang digunakan peneliti berupa tes essay. Analisis data dilakukan dengan menggunakn teknik analisis uji-t untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh metode Brainstorming terhadap keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa. Pengujian hipotesis diperoleh t0>ttabel atau 7,25>2,042, hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming terhadap keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan tahun Ajaran 2022/2023 dengan peningkatan sebanyak 33,9%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amin, D. (2017). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1. https://doi.org/10.21009/jps.052.01
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Amin, D. (2017). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1. https://doi.org/10.21009/jps.052.01
Fitriyani, E., Kurniawan, D. S., & Lestari, R. D. (2019). Implementasi Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMA. Parole:Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 609–616.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Lubis, M. Joharis, & Sari, L. P. (2020). The Online Learning Activities during the Covid 19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities, 3(4), 3619–3624.
Lubis, M J. (2019). Pembinaan Guru Melalui Continuing Development Program (CPD) dalam Mencapai Kualitas Pembelajaran Optimal. … Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38875%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/38875/1/1. Fulltext.pdf
Lubis, Joharis dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Obelia.
Lubis, Joharis dan Haidir. (2019). Administrasi dan perencanaan pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: Kencana
Mukrimah, Syifa Siti.(2014.53) Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung.Universitas Pendidikan Indonesia
Munandar, Utami. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Pasaribu, C. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini tajuk rencana oleh kelas xi sma negeri 21 medan tahun pembelajaran 2014/ 2015. 1–10.
Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Strategi belajar mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudijono Anas .(2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. BANDUNG: PT REMAJA ROSDAKARYA
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah. (2008). Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Rohmanurmeta, F. M., Harsanti, A. G., & Widyaningrum, H. K. (2016). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 10–19. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i2.199
DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: