PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN SISWA KELAS VIII SMPN 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Elisabet Manullang, Rosmawaty Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan pengaruh yang terjadi dalam penggunaan metode pembelajaran Brainstorming pada siswa kelas VIII SMPN 35 Medan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design, dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan dan sampel penelitian yaitu kelas VIII7. Instrumen yang digunakan peneliti berupa tes essay. Analisis data dilakukan dengan menggunakn teknik analisis uji-t untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh metode Brainstorming terhadap keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa. Pengujian hipotesis diperoleh t0>ttabel atau 7,25>2,042, hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming terhadap keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan tahun Ajaran 2022/2023 dengan peningkatan sebanyak 33,9%.


Keywords


Brainstorming, Keterampilan menulis, Teks Ulasan Cerpen

References


Amin, D. (2017). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1. https://doi.org/10.21009/jps.052.01

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Amin, D. (2017). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1. https://doi.org/10.21009/jps.052.01

Fitriyani, E., Kurniawan, D. S., & Lestari, R. D. (2019). Implementasi Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMA. Parole:Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 609–616.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Lubis, M. Joharis, & Sari, L. P. (2020). The Online Learning Activities during the Covid 19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities, 3(4), 3619–3624.

Lubis, M J. (2019). Pembinaan Guru Melalui Continuing Development Program (CPD) dalam Mencapai Kualitas Pembelajaran Optimal. … Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38875%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/38875/1/1. Fulltext.pdf

Lubis, Joharis dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Obelia.

Lubis, Joharis dan Haidir. (2019). Administrasi dan perencanaan pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: Kencana

Mukrimah, Syifa Siti.(2014.53) Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung.Universitas Pendidikan Indonesia

Munandar, Utami. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Pasaribu, C. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini tajuk rencana oleh kelas xi sma negeri 21 medan tahun pembelajaran 2014/ 2015. 1–10.

Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Strategi belajar mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudijono Anas .(2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. BANDUNG: PT REMAJA ROSDAKARYA

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah. (2008). Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Rohmanurmeta, F. M., Harsanti, A. G., & Widyaningrum, H. K. (2016). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 10–19. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i2.199




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: