PENGARUH METODE PARTISIPATORI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM

Winda Lestari Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode partisipatori terhadap kemampuan menulis teks negosiasi kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam.  Rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis teks negosiasi membuat penulis memutuskan untuk menerapkan suatu metode pembelajaran yang belum pernah digunakan sebelumnya oleh guru. Teks negosiasi adalah suatu teks yang berisi interaksi sosial yang umumnya berfungsi sebagai media untuk mencapai suatu kesepakatan dari perbedaan pendapat antara satu individu dengan individu lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi, guru menerapkan metode pembelajaran partisipatori dimana metode ini partisipatif memposisikan murid sebagai pusat utama pembelajaran. Siswa diberikan kesempatan luas untuk mencari informasi secara mandiri, menemukan fakta, serta memecahkan persoalan yang menjadi kajian dalam suatu topik pembelajaran.

 


Keywords


Metode Partisipatori, Kemampuan Menulis, Teks Negosiasi

References


Anugrawati, Yulia. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token

Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Jurusan Ilmu- Ilmu Sosial Unipersitas Tanjungpura Pontianak.

Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa

MenggunakaMedia Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661

Erawati, dkk. (2017). Pengaruh Model time token Terhadap Keterampian Berbicara siswa kelas 5 SD e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha ( Vol: 5 No: 2 Tahun 2017)

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv Pustaka Ceria. Huda,

Hardivizon, H. (2017). Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna

Hadis). BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 101-124. doi:http://dx.doi.org/10.29240/bjpi.v2i2.287

Iskandartwassid dan Dadang Sunendar, (2011).Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT

Remaja

Kunandar, (2013).Penelitian Autentik, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Kusuma Wijaya dan Dedi Dwitagama, (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas: Jakarta:Indeks.

Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Nurgiyantoro. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model gPembelajaran.Bandung: Cv Pustaka Setia.

Rusman, (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Propesionalisme Guru.Jakarta :Raja Persada

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Silamba Delpiana. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bua. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo. Skripsi: tidak diterbitkan.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suprijono, Agus.

Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Tarigan Guntur Hendry, (2015).Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung:Angkasa

Tiara Wacana Fahmi Nuruzzaman. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Time Token. Jurnal Pendidikan Guru Sekolh Dasar




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i1.15341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: