ANALISIS FEMINISME TOKOH PEREMPUAN DALAM KEMAJUAN PENDIDIKAN PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA

Putri Bunga Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek feminis tokoh utama dalam kemajuan pendidikan pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata tahun 2020. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tiga jenis feminisme dalam novel Guru Aini, meliputi: (1) Feminisme liberal, (2) Feminisme marxis, (3) eksistensialis feminism. Selain itu novel Guru Aini adalah buku yang dapat menginspirasi dalam bidang pendidikan. Andrea Hirata dalam novel ini membahas isu pendidikan yang terkait dengan isu ekonomi, yang mana kaum marjinal atau yang berkekurangan secara ekonomi pada umumnya tidak dapat mendapatkan pendidikan wajib yang seharusnya bisa didapatkan semua orang. 

Keywords


feminism, pendidikan dan Novel Guru Aini

References


Hutasoit, Putri M. 2021. Kajian Feminisme Kumpulan Cerita Pendek Aku, Perempuan Karya Lovie Lenny Gunnasyah. Universitas HKBP Nomensen




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i1.15451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: