Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul

Sitti Erna Simanullang, Atika Wasilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul. Tujuan penelitian (1) Mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran field trip, (2) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan siswa dalam menulis puisi. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Metode yang digunakan eksperimen dengan desain one group pretest-posttes. Hasil penelitian sebelum menggunakan metode field trip memperoleh rata-rata 61,47. Hasil setelah menggunakan metode field trip memperoleh rata-rata 81,61. Hasil uji normalitas pretest-posttest membuktikan berdistribusi normal, begitu juga dengan uji homogenitas yang membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah itu diketahui to sebesar 9,52 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikasi α = 0,05 dengan df= N-1, df=34-1=33 pada taraf nyata α = 5% maka diperoleh ttabel = 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,52 > 2,03. Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul.

 

Kata Kunci: Pengaruh, Metode Field Trip, Kemampuan Menulis Puisi

Keywords


Pengaruh, Metode Field Trip, Kemampuan Menulis Puisi

References


D.Tarigan, S., & Margareta, S. 2020. Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Dharma Wanita Pertiwi Medan. 4(2), 1–6.

Khairunnisa, H. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Menggunakan Metode Field Trip. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 617–627.

Kosasih, E., dan Kurniawan, E. 2019. 22 Jenis teks & strategi pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permatasari, D., & Wikanegsih. 2018. Kemampuan Menulis Teks Puisi Pada Siswa Kelas X. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(September), 823–828




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: