KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA SI BUNCIR KARYA ASEP RAHMAT HIDAYAT

Dwi Putri Khabibatur Rohmah, Aurelia Theysa Putri, Muhammad Ilham Agustian, Muhammad Erfansyah, Rani Setyawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai-nilai personal  dan nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita anak “Si Buncir” Karya Asep Rahmat Hidayat. Cerita “Si Buncir” bergenre dogeng yang memiliki banyak pesan moral untuk para pembaca dan sebagai alternatif pembelajaran dalam menyampaikan pesan pada siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah naskah cerita “Si Buncir”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi dengan hasilnya dijabarkan secara naratif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, Pertama, nilai personal mencakup perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, pertumbuhan rasa  sosial, dan pertumbuhan rasa etis dan religius. Kedua, nilai pendidikan mencakup nilai religius, kejujuran, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, demokratis, tanggung jawab. Dengan demikian, buku cerita anak ini memberikan pesan dan pelajaran moral tentang karakter yang dapat diteladani oleh anak-anak khususnya anak sekolah dasar, baik dalam hal pengembangan nilai personal maupun nilai pendidikan karakter.


Keywords


Cerita Anak “Si Buncir”; Nilai Personal; Nilai Pendidikan Karakter; Sastra Anak

References


Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis cerita rakyat. Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), 246–257.

Hidayat, A. rahmat. (2016). Si Buncir (Sutejo (ed.)). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Iskandar, N. P., & Suyatno. (2021). Ajaran Moral dan Karakter dalam Putri Dewi Sekararum dan Raja Jin Pohon Delima Karya Nurul Ihsan (Kajian Sastra Anak). Bapala, 8(3), 170–178.

Julaechoh, A., Bahasa, P., Sastra, D., Fakultas, I., & Seni, D. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Bawang Merah Dan Bawang Putih Karya Tira Ikranegara Sebagai Muatan Pembelajaran Dongeng Di Smp. Literasi Generasi Layar Sentuh, 126–138.

Kasmilawati, I. (1995). Kontribusi sastra anak terhadap perkembangan emosional dan intelektual anak usia 2-3 tahun. 188–196.

Nurgiyantoro, B. (2018). “Sastra Anak” Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gajah Mada University Press.

Nurhabibah, P., & Widiawati, H. (2021). Eksplorasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Petatah-Petitih Sunan Gunung Jati. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(1), 52–64. https://doi.org/10.25134/fon.v17i1.4195

Ramadhan, F., Agustina, A., & Hayati, Y. (2022). Analisis Cerita Rakyat Malin Kundang Ditinjau dari Kajian Sastra Anak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 646–654. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4356

Rusly, F., & Hikam, A. I. (2023). Nilai Moral Dalam Novel Tulisan Sastra Karya Tenderlova. 9(2), 451–457. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4776

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi sastra anak bagi perkembangan nilai personal anak dalam buku cerita anak indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/MB

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta.

Sulastri, S., & Yuliansyah, A. (2021). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM DONGENG PENGANTAR TIDUR KARYA KLAUDY PREMAS. Cakrawala Linguista, 4(1), 53–69.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Tutul, G. K. B. (2022). Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 29–35.

Waryanti, E., Puspitoningrum, E., Violita, D. A., & Muarifin, M. (2021). Struktur Cerita Anak Dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo Dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 12–29.

Yekti, nandya ayu, Oktavianti, I., & Ahsin, muhammad noor. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Pada Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 18–27.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i1.15482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: