CAMPUR KODE DAN ALIH KODEBAHASA JAWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MAN 2 JEMBER

Mochamad Alfan, Alfi Khairiyyah, Azzahra Wildatu Firdausy, Adelia Puspa Febiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) bentuk alih kode percakapan pada pembelajaran bahasa indoensia antar siswa dan atau siswa dengan guru, (b) faktor penyebab terjadinya alih kode pada percakapan saat pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 Jember, (c) bentuk campur kode pada percakapan di antara siswa dan guru di MAN 2 Jember , (d) faktor penyebab terjadinya campur kode pada percakapan di antara siswa dan guru di MAN 2 Jember . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah semua percakapan yang memperlihatkan adanya alih kode dan campur kode pada percakapan di antara siswa dan guru di MAN 2 Jember. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah semua percakapan yang mengandung alih kode dan campur kode pada percakapam siswa dan guru di MAN 2 Jember kemudian diidentifikasikan, selanjutnya dilakukan klasifikasi dan dikategorikan keseluruhan data yang telah ditemukan, setelah dianalisis dan klasifikasikan, keseluruhan data dideksripsikan dan dijabarkan untuk mengetahui bentuk alih kode dan campur kode, serta faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada pada percakapan di antara siswa dan guru dalam pembelajaran di MAN 2 Jember. Hasil penelitian ini menujukkan bentuk alih kode pada percakapan siswa dan guru di MAN 2 Jember meliputi peralihan bahasa. Peralihan tersebut adalah peralihan kode dari bahasa Indonesia ke bahasa jawa,. Faktor penyebab terjadinya alih kode pada percakapan di antara siswa dan guru di MAN 2 Jember adalah (1) pokok pembicaraan, dan (2) mitra tutur yang berlatar belakang kebahasaan yang berbeda. Campur kode pada percakapan di antara mahasiswa  unmuh Jember, yaitu : (1) penyisipan berwujud kata, (2) penyisipan berwujud frasa, (3) penyisipan berwujud ungkapan atau idiom, (4) penyisipan berwujud perulangan kata, dan (5) penyisipan berwujud klausa. Faktor penyebab terjadinya campur kode pada percakapan di antara siswa dan guru di MAN 2 Jember adalah (1) identifikasi ragam, dan (2) keinginan untuk menjelaskan atau menafsirkan.

 


Keywords


Campur kode, Alih Kode, Percakapan.

References


Aslinda & Shafyahya, L. (2010). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Reflika Aditama.

Bintara, F. E., Saddhono, K., & Purwadi. (2017). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Gunung Kidul.

Husaini & Purnomo. (2004). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 5(1), 77-91.Chaer, A. & Leoni, Agustina. (2010). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

JurnalDimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 23-32.

Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniadi, D. (2018). Dialek Khas Daerah Perbatasan: Kajian Sosiolinguistik di Desa Srinahan Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah.

Masruddin. (2015). Sosiolinguistik. Palopo:

Munawar, R. & Harun, M. (2016). Campur Kode dan Alih Kode dalam Proses Belajar Mengajar Guru Kelas IV MIN LAMJAMPOK Kecamatan Ingin Iaya Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa, 4 (2), 145-150.

Mustikawati, D. A.. (2015). Alih Kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik).

Nawawi, H. H. (1993). Metode Penelitian Deskriptif. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Read Institute Press Munandar, A. (2013). Pemakaian Bahasa Jawa dalam Situasi Kontak Bahasa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Humaniora, 25, 92-102.

Suwito. 1985. Sosiolinguistik Pengantar Awal. Solo: Hendri Offset Syafrida.

Wijana, Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2006. Sosiolinguistik (Kajian Teori dan Analisis). Yogyakarta:Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: