PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA TELEVISI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN 2021/2022

Yunita Hermawati, Alfitriana Purba

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media televisi di sekolah SMP Negeri 6 Medan. Penelitian ini disusun dengan harapan memberikan kegunaan baik secara teoritis maupun secara praktis. Kemampuan berbicara melalui membawa berita dimedia televisi yang menjadi subjek penelitian. Ini menggunakan dua variabel yaitu kemampuan berbicara sebagai variabel X dan membawa berita dimedia televisi sebagai variabel Y. Hasil kegiatan penelitian membuktikan bahwa siswa yang membawa berita di media televisi mampu mencapai skor tertinggi yaitu 90 dibandingkan dengan siswa yang tidak terbiasa mendengarkan berita di media televisi. Ada hubungan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berbicara melalui media televisi siswa kelas IX SMP Negeri 6 Medan Tahun 2021/2022. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis yang dilakukan pada data yang ditemukan, dimana hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu (0,679 > 0,300), diharapkan siswa kelas IX SMP 6 Medan mampu untuk membawakan berita viral di media televisi      

 


Keywords


Berita, Kemampuan Berbicara, dan Media TelevisiB

References


Ainin, F. 2017. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMK Negri 5 Mataram Tahun Pelajaran2017/2018. Jurnal skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Mataram. Diakses pada 8Oktober 2019.

Aprinawati, Iis. 2017. “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk MeningkatkanKemampuan Berbicara Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak UsiaDini. Volume 1 No. 1. (Diakses pada tanggal 5 Desember 2019).

Alfin, J., Rosyidi, Z., & Abdillah, H. (2018). Pengembangan kemampuan berbicara bahasa indonesia anak umur 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media televisi bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 271 - 280. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.08

Abdullah, A., Rosfiantika, E., & Permana, R. S. (2017). Siaran Televisi Pagi Hari (BreakfastTelevision) di Televisi Indonesia.Pro TVF,163-167.

Dhananjaya, A. 2017. Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Berita/Informasi di Televisi Terhadap Perilaku Proposia lRemaja.Skripsi.Malang:Universitas Muhammadiyah Malang.

Fitria, D. 2017. Pengaruh Intensitas Menonton Program Televisi Terhadap MinatBelajar PAI Siswa Kelas IV SD Negeri Pergiwatu Kabupaten Kulonprogo.Skripsi. Yogyakarta: Universias Muhammdiyah Yogyakarta.

Hazran. 2018. “Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas III SDN Nomor 1 Tulo Kecamatan Dolo Kabupten Sigi”.JurnalkreatifOnline,Vol.6 No3.ISSN2354-614Xdiaksespada 20 Februari 2020.

Kurniawati Eriptha. 2018. Penerapan media pop up raksasa untuk mengembangankemampuan berbicara anak kelompok B TK dharma wanita betet kediri. Jurnal program studi PGRA. Vol. 8 No. 1

Maharani, Ni Made Ayu Putri, dkk. 2019. “Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara KelompokA”.e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 No. 1. (Diakses pada tanggal 10 Desember 2019).

Moh.Ulin, nuha. (2017). Pengaruh intensita smenonton televisi terhadap kedisiplinan belajar pai siswa kelas xi sman 14 semarang .Skripsi. Semarang: Fakultas IlmuTarbiyah Dan Keguruan

Nurfadilah, Astini, B. N., Fahruddin, F., & Nurhasanah, N. (2021). Pemanfaatan Film Animasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(4), 146-154. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/270

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Pribadi, Benny. 2017. Media&Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta:Kencana.

Poesponegoro, M.D., & Notosusanto, N. (2008). Sejarah Nasional Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Public Relation. (2020, April 30). Profil iNews Public Relation. (2020,April30).

Profil Kompas TV Public Relation.(2020,April30). Profil TV One




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: