TINDAK DIREKTIF MAHASISWA ASESMEN LAPANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN

Akhmad Syakir, Muhammad Ridha Anwari

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi secara objektif tentang (1) wujud tindak direktif, dan (2) fungsi tindak tutur yang dituturkan mahasiswa asismen lapangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa data verbal, yaitu tuturan guru dalam interaksi kelas. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen pengumpul data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, perekaman, dan pencatatan lapangan. Penelitian ini menghasilkan temuan tentang wujud tindak direktif, dan fungsi tindak tutur mahasiswa asismen lapangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Wujud tindak tutur yang ditemukan adalah tindak direktif, meliputi tindak tutur dengan wujud permintaan, pertanyaan, persyaratan, larangan, persilaan, dan nasihat. Fungsi tindak yang ditemukan adalah (1) fungsi untuk tukar-menukar informasi faktual, (2) mengungkapkan informasi intelektual, (3) mengungkapkan sikap emosi, (4) mengungkapkan sikap moral, (5) meyakinkan atau mempengaruhi, dan (6) bersosialisasi. Peneliti berharap semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi para peneliti bahasa untuk meneliti tindak tutur dalam wacana kelas dengan kajian yang berbeda dan jangkauan penelitian yang diperluas karena penelitian ini hanya terbatas pada telaah wujud tindak direktif serta fungsinya.


Keywords


Tindak Tutur, Direktif, Mahasiswa

References


Cahyono, Bambang Yudi. 1995. Kristal-Kristal Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Jumadi. 2005. Representasi Kekuasaan dalam Wacana Kelas. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Suhendar. M. E, dkk. 1997. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim. 2009. Panduan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin: Unit Program Pengalaman Lapangan (UPPL) Banjarmasin.

Margono. 2007. Manajemen Jurnal Ilmiah. Dalam M. G. Waseso dan A. Saukah (Eds.), Menerbitkan Jurnal Ilmiah (hlm. 41-59). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Sari Mardian. 2021. Analisis Tindak Tutur Direktif Dalam Novel Orangorang Biasa Karya Andrea Hirata

(Kajian Pragmatik). Jurnal EdoIndo, 2(1), 11-24.

Veni Nurpadillah, 2019. Tindak Tutur Direktif Mahasiswa Milenial Dan Dosen Dalam Grup Whatsapp.

Jurnal PD Sastra, 1(2). 72-84.

Wati Iros dkk. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru Perempuan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA. Jurnal Aksara, 18(2), 100-112.

Wiranty, W. (2017). Tindak Tutur Direktif Bahasa Melayu Dialek Selimbau Kabupaten

Kapuas Hulu (Kajian Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(2), 307-315.

Yuliarti Yuliarti , Rustono Rustono , Agus Nuryatin. 2016. Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Novel Trilogi Karya Agustinus Wibowo. Jurnal Unnes, 4(2): 115—127.

Yule, George. 1998. Pragmatik. Terjemahan oleh Jumadi. 2006. Banjarmasin: PBS FKIP Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: