Penerapan Multimedia Interaktif dalam bentuk Video Animasi Pembelajaran Surat Menyurat Oleh Siswa Kelas VII SMPN 4 Medan

Isra Tahariq, Abdullah Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks surat dinas dalam media pembelajaran aoudio visual yang berbentuk video animasi oleh siswa SMPN 4 Medan kelas VII Tahun pembelajaran 2021-2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 4 Medan yang berjumlah 350 siswa, sampel penelitian ini berjumlah 94 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis teks surat dinas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dapat diketahui bahwa yang tertinggi dicapai siswa dalam kemampuan menulis teks berita sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual berbentuk video animasi ( pre-test ) adalah 66 dan nilai terendahnya adalah 30 kategori sangat kurang sedangkan nilai tertinggi yang dicapai siswa dalam kemampuan menulis teks surat dinas sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual berebntuk video animasi adalah 89 dan nilai terendahnya adalah 70 dalam kategori baik.


Keywords


Audio Visual, Keterampilan Menulis, Teks Surat Dinas

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dale, E. (1969). Dalam Buku Media Pembelajaran Audio Visual Methos Teaching.

Faisah Nur (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam surat-menyurat di kantor kelurahan layana indah. FKIP Universitas Tadulako. Sulawesi Tengah

Gerlach, Edy (1997). Mendesain Media Pembelajaran Inofatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Kementerian Republik Indonesia dan Kebudayaan (2016). Bahasa Indonesia kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Kemampuan Bersastra. Bandung: Yrama Widya

Muhardi dan Hasanuddin. (1992). Prosedur Analisin Fiksi. Padang. IKIP Padang Press

Nursalam. (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Purbatua Manurung, Media Pembelajaran dan Pelayanan BK, (Medan: Perdana Publisihing, 2016)

Rudi Susilana dan Cepi Riyana, op.cit., h. 127.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta:Bandung

Sugiyono. 2012. Metode Penellitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung

Syaiful Fahmi, Membangun Multimedia Interaktif, (Yogyakarta: Bildung Nusantara, 2018), h. 40.

Widiyanti A. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MAS Al-washliyah 30 Kebun Lada Binjai. STAI,Binjai.

Yusufhadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007), h. 464.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.16026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: