ANALISIS TEKS CERITA ULANG PADA BUKU BAHASA INDONESIA KELAS XI: KAJIAN STRUKTUR SASTRA DAN NILAI-NILAI KARAKTER

Aprini Yanti Pasaribu, Mhd. Isman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya buku dalam proses pendidikan yang digunakan sebagai suatu media dalam pembelajaran. Fungsi dari buku itu sendiri biasanya digunakan sebagai mencatat hal yang sangat penting bagi kita dimasa depan. Karena dengan mengulang membaca buku kita dapat mengingat serta mengetahui hal apa saja yang kita perlukan. Penelitian ini berfokus terhadap teks cerita ulang yang terdapat pada buku bahasa indonesia kelas XI. Teks cerita ulang pada buku tersebut akan diteliti terkait kajian struktur sastra dan nilai-nilai karakter. Hal ini dilakukan karena peneliti ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang terkandung di dalam cerita yang ada pada buku sehingga bisa memberikan masukan untuk penerbitan buku yang diterbitkan oleh pusat perbukuan departemen pendidikan nasional. Analisis buku juga memberikan informasi dan pertimbangan bagi guru agar dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan struktur yang terdapat pada teks cerita ulang didadalm buku bahasa indonesia kelas XI penerbit Erlangga yang berjudul “Legenda Danau Toba” dan “Asal Usul Telaga Warna”, Kedua judul cerita tersebut adalah cerita ulang dimana terdapat pada daerah Sumatera Utara serta Jawa Barat. Cerita ulang tersebut juga akan dapat dideskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat pada cerita tersebut.

Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, dalam hal ini peneliti mendeskripsikan data nilai-nilai karakter dan analisis sastra yaitu tentang struktur teks yang membangun teks cerita ulang yang terdapat teks cerita ulang pada Buku Bahasa Indonesia Kelas XI. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan atau menjadi temuan.

Teks cerita ulang yang terdapat pada buku bahasa indonesia kelas XI penerbit Erlangga memiliki kelebihann yaitu terdapat nilai karakter pada buku tersebut. Nilai karakter yang terdapat pada buku tersebut meliputi nilai religius, nilai mandiri, nilai gotong royong, serta nilai integritas. Penilaian tersebut sangat relevansi dengan Permendikbud No.20 Tahun 2018.


Keywords


Struktur Sastra, Teknik Triangulasi, Nilai Karakter, Nilai Religius, Nilai Mandiri, Nilai Gotong Royong, Nilai Integritas, Permendikbud

References


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya buku dalam proses pendidikan yang digunakan sebagai suatu media dalam pembelajaran. Fungsi dari buku itu sendiri biasanya digunakan sebagai mencatat hal yang sangat penting bagi kita dimasa depan. Karena dengan mengulang membaca buku kita dapat mengingat serta mengetahui hal apa saja yang kita perlukan. Penelitian ini berfokus terhadap teks cerita ulang yang terdapat pada buku bahasa indonesia kelas XI. Teks cerita ulang pada buku tersebut akan diteliti terkait kajian struktur sastra dan nilai-nilai karakter. Hal ini dilakukan karena peneliti ingin mengetahui nilai-nilai apa saja yang terkandung di dalam cerita yang ada pada buku sehingga bisa memberikan masukan untuk penerbitan buku yang diterbitkan oleh pusat perbukuan departemen pendidikan nasional. Analisis buku juga memberikan informasi dan pertimbangan bagi guru agar dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan struktur yang terdapat pada teks cerita ulang didadalm buku bahasa indonesia kelas XI penerbit Erlangga yang berjudul “Legenda Danau Toba” dan “Asal Usul Telaga Warna”, Kedua judul cerita tersebut adalah cerita ulang dimana terdapat pada daerah Sumatera Utara serta Jawa Barat. Cerita ulang tersebut juga akan dapat dideskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat pada cerita tersebut. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, dalam hal ini peneliti mendeskripsikan data nilai-nilai karakter dan analisis sastra yaitu tentang struktur teks yang membangun teks cerita ulang yang terdapat teks cerita ulang pada Buku Bahasa Indonesia Kelas XI. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan atau menjadi temuan. Teks cerita ulang yang terdapat pada buku bahasa indonesia kelas XI penerbit Erlangga memiliki kelebihann yaitu terdapat nilai karakter pada buku tersebut. Nilai karakter yang terdapat pada buku tersebut meliputi nilai religius, nilai mandiri, nilai gotong royong, serta nilai integritas. Penilaian tersebut sangat relevansi dengan Permendikbud No.20 Tahun 2018.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.16247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: