PENYEBAB PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA YANG TIDAK SESUAI DENGAN BAHASA IBU PADA SEORANG ANAK

Nur Fatikhah

Abstract


Setiap daerah di Indonesia mempunyai bahasa daerah berbeda-beda yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Biasanya, bahasa daerah adalah bahasa yang paling berkesan bagi anak-anak.  Pemerolehan bahasa pada anak disebut bahasa pertama atau bahasa ibu. Bahasa primer merupakan bahasa utama yang dikuasai seseorang sejak awal kehidupannya melalui pergaulan dengan keluarga dan lingkungan di sekitar anak. Namun, kenyataannya saat ini bahasa daerah tidak menjadi bahasa pertama. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat penyebab pemerolehan bahasa pertama yang tidak sesuai bahasa ibu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, Simak dan catat. Dari hasil wawancara tersebut, peneliti memperoleh penyebab dari seorang anak yang bahasa pertamanya tidak sesuai dengan bahasa ibu. Pertama, bahasa Indonesia digunakan oleh Masyarakat secara dominan dalam berkomunikasi baik. Kedua, anak mudah untuk bergaul dan berkomunikasi dengan lancar dengan orang yang ada di sekitarnya. Ketiga, pengaruh lingkungan tempat tinggal yang menjadi pengaruh besar untuk menggunakan bahasa Indonesia.  Keempat, pengakuan penggunaan bahasa Indonesia saat berkomunikasi sehari-hari di lingkungan keluarga yang mengalami perkembangan di lingkungan masyarakat penuturnya.


References


Fatmawati, R. S. (2015). PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA ANAK MENURUT TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK. Jurnal Lentera, XVIII, 63–75.

Kurnia Hastuti Sebayang Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budidaya, S. (2018). ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA (BAHASA MELAYU) PADA ANAK USIA 3 TAHUN. 4(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi

Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Syahrul R, D. saputra. (2021). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA ANAK USIA 4 TAHUN DI DESA JUJUN KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, XVII.

Syaprizal, M. P., Smk N, G., Kabupaten, K. H., Singingi, K., & Riau, P. (2019). PROSES PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK. Jurnal AL-HIKMAH, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i1.18278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: