PENGARUH SOSIAL MEDIA YOUTUBE TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA ANAK UMUR 2 TAHUN
Abstract
Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh media sosial Youtube terhadap pemerolehan bahasa anak umur 2 tahun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah adalah pengauh media sosial Youtube terhadap pemerolehan bahasa anak umur 2 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Dari hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa dari video Channel YouTube Kinderflix terdapat 25 kata yang bisa di ucapkan oleh subjek Putri Darawati Ikhwani di antaranya bau, bulat, cilukba, dada, dimana, dingin, dua, hijau, hidung, kuning, kecil, kotak, melompat, monyet, makan, merah, nanas, perut, pipi, satu, siap, senang, tutup, berjalan, dan potong. Pada video Channel YouTube Kinderflix ini mampu memengaruhi pemerolehan bahasa pada subjek Putri Darawati Ikhwani yang berusia 2 tahun 2 bulan. Hal ini menandakan Channel YouTube Kinderflix memberikan pengaruh yang kuat pada pemerolehan bahasa anak usia 2 tahun 2 bulan. Penelitian ini juga di perkuat secara kualitatif dengan adanya kemampuan berbahasa anak yang menghasilkan perbendaharaan kosa kata lebih bervariasi dan luas.
Kata kunci: Pemerolehan Bahasa Anak, YouTube
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andini, H. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 0-2 Tahun: Kajian Psikolinguistik. LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching, 15(1), 45. https://doi.org/10.30957/lingua.v15i1.429
Annisa, S. R. (2022). Pengaruh Media Sosial Youtube Pada Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia 5 Tahun kajian Psikolinguistik. Journal Educational of Indonesia Language, 3(2), 10–17. https://doi.org/10.36269/jeil.v3i2.1038
Cahyani, P., & Rasna, I. (2019). Pengaruh Media Youtube “Babybus” Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 2 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 2, Oktober 2020, 9(2), 95–102.
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Elberti, I. P. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun Dalam Bahasa Sehari - Hari. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 46–57. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3682
Fadhillah, N., Kusumawardani, R., & Rosidah, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Youtube Untuk Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DIni, 6(1), 15–20.
Fajriyah, I. D., Ashadi, F., Trianggono, M. M., & Kurniawan, N. (2023). Pengaruh Kebiasaan Menonton Youtube Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini Pada Kelompok a Di Tk Gita Nusa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 475–485. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.733
Fakhriyah, F. N. (2020). Media Youtube Sebagai Sarana Pemerolehan Bahasa B2 Anak Usia 3-5 Tahun (Studi Kasus Dua Orang Anak). Kadera Bahasa, 12(1), 48–57. https://doi.org/10.47541/kaba.v12i1.111
Fardischa, A. (2020). Pengaruh tontonan berbahasa inggris dalam media sosial Youtube pada pemerolehan bahasa kedua anak umur tujuh tahun. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, 6(April).
Fatin, F. (2020). Pengaruh Youtube Terhadap Pemerolehan Kelas Kata Verba Pada Anak Usia 5 Tahun. METABAHASA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–11.
Fitri, W. E. (2023). Pengaruh Tontonan Platform Youtube Dalam Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 148–154. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/view/1471%0Ahttps://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/download/1471/1298
Irwansyah, A., & Shabiburrahman, S. (2022). Pengaruh Media Youtube Pada Pemerolehan Bahasa B2 Anak Usia 3 Tahun. NEOLOGIA: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 21–28. http://ojs.unm.ac.id/neologia
Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media Youtube sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 1998, 199–208. http://hdl.handle.net/11617/9276%0Ahttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/9276/Iva Nur Kiftiyah.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Kurniati, M., & Nuryani, N. (2020). Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Pada Anak Speech Delay). Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 29. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2494
Maldini, F. C. (2021). Pengaruh Media Youtube Terhadap Pemerolehan Sintaksis Pada Anak Usia 2 Tahun 6 Bulan. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Nasuha, R. I. (2020). Pengaruh Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia 8 Tahun. METABAHASA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 11–24.
Nasution, N. K. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak di RA Ar-Rahman Yogyakarta. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(2), 145–170. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i2.10683
Natsir, N. (2017). Hubungan Psikolinguistik dalam Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Jurnal Retorika, 10(1), 20–29.
Nissa, K. A., Zahrah, N. A., & Putra, D. A. K. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Kasus Pada Siswa Paud Pitara Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan). MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 20(1), 74. https://doi.org/10.26499/mm.v20i1.4417
Oktari, R. (2023). Dampak Konten Youtube terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Journal on Teacher Education, 5(1), 528–537. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/19387%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/download/19387/14338
Panjaitan, Sulistia, Nuraini, N. (2023). Pengaruh Aplikasi Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3, 7453–7460. https://ejurnal.universitasadzkia.ac.id/index
Putri, N. E., Susanto, A., & Nur, T. (2018). Pengaruh Konten Youtube Gaming Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Sampai Enam Tahun. Jurnal Prespektif, 460–470.
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Yanti, prima gusti. (2020). Pemerolehan Bahasa: Kajian Aspek Fonologi Pada Anak Usia 2-2,5 Tahun. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 129–136. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5084
Yuda Irawan, M., & Sari Ramdhani, I. (2023). Pengaruh Tontonan Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Asing Pada Remaja Usia 16 Tahun. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1), 1–10.
Yunia, V. (2022). Mengatasi Dampak Media Sosial Youtube Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Education For All, 2(1), 53–61. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jpm/article/view/7379
DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i2.18293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: