PEMEROLEHAN BAHASA ANAK AKIBAT PENGARUH FILM KARTUN UPIN DAN IPIN

sumartriani sumar_triani03

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh menonton film kartun "Upin&Ipin" terhadap pemerolehan bahasa pada anak-anak. Latar belakang penelitian melibatkan pertumbuhan popularitas kartun ini di kalangan anak-anak dan kebutuhan untuk memahami bagaimana pengaruhnya pada perkembangan bahasa anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka, memanfaatkan data dari penelitian terdahulu, serta analisis konten dari dialog dan ekspresi bahasa dalam film.Hasil penelitian menunjukkan bahwa film kartun "Upin&Ipin" memiliki dampak yang signifikan pada pemerolehan bahasa anak-anak. Anak-anak cenderung meniru gaya berbicara karakter-karakter dalam film, mengadopsi kosakata khas, dan mengaplikasikan ekspresi bahasa dalam interaksi sehari-hari. Penggunaan repetisi dan model komunikasi positif dari karakter-karakter dalam film memberikan kontribusi besar pada peningkatan keterampilan berbahasa anak-anak.Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa aspek negatif, seperti risiko meniru perilaku tidak pantas atau campur aduk antara bahasa Melayu dan Indonesia. Dampak positifnya mencakup peningkatan kosa kata, penguasaan struktur bahasa, dan perkembangan keterampilan sosial. Kesimpulannya, film kartun "Upin&Ipin" bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai agen pembentuk bahasa bagi anak-anak.


References


Anggraeni, Ira, Tesa Apriani, and Aditya Permana. 2018. “Pegaruh Tayangan Upin Dan Ipin Terhadap Gaya Berbahasa Siswa Sekolah Dasar.” : 99–106.

Bawamenewi, Arozatulo. 2020. “Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Pada Tataran Fonologi: Analisis Psikolinguistik.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 3(1): 145–54.

Gunawan, Imam, and Hasyim Hasanah. 2019. “Kuantitatif Imam Gunawan.” At-Taqaddum 8(1): 29.

Hermoyo, Panji, R. 2022. “Pengaruh Film Kartun Upin Ipin Terhadap Akuisisi Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun.” : 511–17.

Islami, Nelita Indah, and Nuryani. 2021. “Pengaruh Media Televisi Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun.” Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1: 37–42.

Iv, B A B, A Gambaran Umum, and Tkit Permata. 2020. “Hasil Wawancara Dengan Kepala TK IT Permata Bunda Sumberjo Kecamatan Rembang 22 September 2020 1 50.” (September): 50–84.

Manshur, Ali, and Rikha Nahrul Jannah. 2021. “Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Tegalrejo Banyuwangi Dalam Kajian Psikolinguistik.” Jurnal PENEROKA 1(02): 239.

Rahayu, Silvi Sri, and Hendra Setiawan. 2022. “Analisis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun 1 Bulan (Kajian Psikolinguistik).” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 11(1): 109.

Sagita, N. 2018. “Dampak Film Kartun Berbahasa Melayu Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Anak Usia Sekolah Dasar Di Sukosari, Babadan, Ponorogo Tahun 2018.” http://etheses.iainponorogo.ac.id/4124/1/SKRIPSI GITA APLOAD.pdf.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i2.18307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: