PERAN ORANG TUA DALAM MENCEGAH KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK

Rani Putri Khanza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam mencegah keterlambatan berbicara pada anak usia 3-5 tahun dengan pendekatan kuantitatif. Partisipan melibatkan 5 orang tua dan anak yang telah mengalami keterlambatan berbicara. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data, dengan fokus pada praktik komunikasi orang tua dan keadaan perkembangan bahasa anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orang tua dalam memberikan stimulus berbicara dan interaksi verbal positif memiliki korelasi positif dengan perkembangan berbicara anak. Sebanyak 75% dari responden menyadari keterlambatan bahasa pada anak mereka, dengan mayoritas dari mereka mempercayai bahwa faktor genetik keluarga menjadi penyebab signifikan. Hasil lainnya menunjukkan bahwa komunikasi yang dimulai sejak dini, pola dukungan yang efektif, dan kesadaran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak dapat mengurangi risiko keterlambatan berbicara. Penelitian ini memberikan wawasan baru terkait strategi dan peran orang tua dalam mencegah keterlambatan berbicara pada anak. Implikasi hasil menekankan pentingnya peran aktif orang tua dalam mendukung perkembangan bahasa anak dan memberikan dasar bagi pengembangan intervensi yang lebih efektif dalam masyarakat yang serba cepat seperti saat ini.


Keywords


Orang Tua; Anak; Keterlambatan Berbicara; Komunikasi

References


Leny Nofianti, Q. (2017). Metode Penelitian Survey (Vol. 87, Issue 1,2, pp. 149–200).

Sitompul, M. S. (2019). Analisis Gangguan Berbahasa Pada Anak Di Kecamatan Pahae Julu. Konfiks : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.26618/jk.v6i1.222 4

Yuliatul Rohimah, R. R. D. (2022). Analisis Faktor Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Anak Usia 6 Tahun. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 6(1), 9–15.

Mu’awwanah, U., & Supena, A. (2020). Peran Orang Tua dan Keluarga dalam Penanganan Anak dengan Gangguan Komunikasi. Jurnal Basicedu, 5(1), 227–238.

Kompasiana.com, chairani amalia. (2023, January 1). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam mencegah keterlambatan berbicara anak. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/chairiniamalia6697/63b1c1fe4addee418a105e74/pentingnya-peran-orang-tua-dalam-mencegah-keterlambatan-berbicara-anak?page=2&page_images=1

Yuniari, N. M., & Triana Juliari, I. G. A. I. (2020). Strategi Terapis Wicara yang dapat Diterapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 564–570.

Itriyah, I., Yulita, E., & Lasutri Tama, M. M. . (2022). PSIKOEDUKASI ORANG TUA DALAM MENGATASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK ( STUDI PADA ANAK SPEECH DELAY DI DESA RANTAU NIPIS ). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 654–657.

Anggraini, N. (2020). Peranan Orang Tua Dalam perkembangan Bahasa anak usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/9741




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i2.18356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: