PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI TERHADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I NISAM

Meli Alpiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisipada siswa kelas X SMA Negeri 1 Nisam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Peneliti melakukan pretest-posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol untuk mendapatkan data penelitian yang akurat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Nisam yang beralamat di Jalan Cot Mambong KM 8 Keude. Amplah, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 pada tanggal 11 Mei sampai dengan 25 Mei 2024. hasil uji t yang memperoleh nilai siginifikan 0,000, maka dapat diartikan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep antara kelas kontrol dengan metode ceramah dan kelas eksperimen dengan metode sugesti imajinasi pada materi menulis puisi. Hasil posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 78,6 dan kelas kontol sebesar 69,4. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diketahui nilai signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05, maka dengan demikian sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan dalam uji paried sample t-test dapat disimpulkan bahwa H0ditolak Ha diterima. Pada penelitian ini terdapat pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Nisam.

 

Kata Kunci: Sugesti Imajinasi, Menulis, Puisi.

Keywords


Sugesti Imajinasi; Menulis; Puisi

References


Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 72–82. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10406

Ahyar, J. (2018) Penuntun Membuat Skripsi dan Menghadapi Presentasi Tanpa Setres. Bojonegoro: Pustaka Intermedia.

Amalia, Nur, A. P. S., & Rida, T. N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 48 Jakarta. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 1–12.

https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.333

Azis, M. (2022). Pembelajaran Menulis Puisi Berorientasi Pada Gaya Bahasa Personifikasi dengan Menggunakan Metode Sugesti-Imajinasi Pada Peserta Didik Kelas X. Wistara, 5(1), 82–91. https://journal.unpas.ac.id

Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614

Haq, V. A. (2022). Menguji Validitas dan Reliabilitas pada Mata. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 04(01), 11–24.

Harianto, B. T., & Harjono, H. S. (2018). Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IX SMP. Dikbastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i1.5833

Khalsiah & Ika. A. F. (2016). Pembelajaran Literasi Di Kelas Melalui Seni Dan Karakter Siswa. English Education International Conference 1. 2004, 539–543.

Kusumawarti Adji, S., & Sumardi, A. (2021). Pengaruh Metode Sugesti-Imajinasi Berbantuan Media Cartoon Story Maker Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Jurnal Ilmiah Semantika, 3(01), 40–50.

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.477

Mahsa, M. (2017). Strategi Pengembangan Argumen dalam Penulisan Akademik Oleh Mahasiswa Program Pascasarjana Di Pendidikan Bahasa Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pusat Bahasa.

Marsini, M. (2022). Pagelaran Wayang Sebagai Upaya Peningkatan Menulis Cerita Melalui Metode Sugesti Imajinasi. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(2), 172–180.

https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i2.59326

Muda, I., Kartolo, R., & Hasibuan, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Sugest To Pedia Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri Bambel Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2020/2021. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(3), 120–132. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.100

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Oktaviani, D., Nila,. , & Ratna., S. (2021). Pengaruh Model Sugesti – Imajinasi dengan Media Lagu Bunda terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Swasta YPK Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(1), 1–3. https://doi.org/10.57251/sin.v1i1.115

Pipit, M. (2019). Penerapan Metode Sugtesti-Imajinasi dengan Media Video KLip dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Paket C di PKBM Negeri 26 Bintaro. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1113013000047.

Rianto. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Sugesti-Imajinasi Melalui Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Di SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 66–85.

Solihat, I., Devi, A. A. K., & Muldawati, M. (2023). Metode Sugesti Imajinasi Dan Metode Copy the Master Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas 10 SMAN 4 Kota Serang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 135. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8176.

Sujarweni, Wiratna, V. (2022). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Puataka Baru Press.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toto, S . N, Nanang, G. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i2.20646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: