MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTATIF

Aisiyah Aztry

Abstract


Kemampuan menulis merupakan salah satu materi yang penting dalam pembelajaran di jenjang universitas. Fenomena yang terjadi saat ini adalah masih terdapat kekurangan mahasiswa dalam menulis. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian ini untuk mengetahui penerapan model student facilitator and explaining dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UMSU. Dalam penelitian ini, digunakan metode Penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data, digunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Pemerolehan data merupakan hasil karangan mahasiswa yang berupa data kualitatif. Hasilnya dianalisis dengan rubrik penilaian serta dinilai dalam bentuk kuantitatif. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif. Setelah penelitian, didapatkan hasil bahwa penerapan model student facilitator and explaining mampu meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UMSU. kemampuan menulis argumentatif mahasiswa mengalami peningkatan dari 46,67% menjadi 76,6% dan meningkat lagi menjadi 80%.

Kata Kunci: model pembelajaran, kemampuan menulis, dan menulis argumentatif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Suharjono, Supriadi . 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Burns, A. 2010. Doing Action Research in English Language Teaching. New York: Routledge.

Istarani. 2011. Metode Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Keraf, Gorys. 2005. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Muslim, Siska Rayne. 2014. Pengaruh Penggunaan Student Facilitator and Explaining dalam Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Volume 1, Nomor 1, Hal 1-9.

Oktariani, Elisa. 2016. Penerapan Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X.E di SMA Negeri 1 Lawang Kidul Provinsi Sumatera Selatan Tahun Pelajaran 2015-2016. Skripsi. Universitas Lampung.

Santang. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Argumentatif yang Koheren pada Tulisan Mahasiswa STIBA Saraswati Denpasar. Jurnal Linguistika, Volume 24, Nomor 46, Hal.107-116, ISSN 0854-9613.

Setiyaningsih, Yuliana. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentatif dan Keterampilan Berpikir Kritis Berbahasa Indonesia Mahasiswa melalui Model Pembelajaran berdasarkan Logika Toulmin. Jurnal Educationist, Volume II Nomor 2, Hal.98-111, ISSN 1907-8838




DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v1i1.3740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: