PENGARUH PEMEROLEHAN BAHASA IBU DALAM SATU KELUARGA TERHADAP ANAK USIA 10 TAHUN DIALEK JAME TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN: SUATU TINJAUAN TEORI CHOMSKY

Rusyda Nazhirah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Memperoleh Bahasa Ibu dalam Keluarga Terhadap Anak Berusia 10 Tahun Jame Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan Ditinjau dari Teori Chomsky tentang Teori Genetik-Kognitif yang dibawa oleh pengucapan masyarakat Aceh Selatan, khususnya pada keseharian anak-anak di Aceh Selatan. komunikasi. Dialek Aceh Selatan merupakan bahasa Aceh yang digunakan di Kabupaten Aceh Selatan tepatnya di 10 kecamatan dari 18 kecamatan di negara pala diantaranya Meukek, Sawang, Pasie Raja, Kluet Utara, Bakongan, Bakongan Timur, Happy City, Trumon, Trumon Tengah dan Trumon Timur. Di kabupaten ini Aceh digunakan sebagai bahasa mayoritas penutur di Aceh Selatan, namun di kabupaten lain juga terdapat namun hanya di 2 desa dalam 1 kecamatan, seperti di desa Pasie Lembang Kecamatan Kluet Selatan mereka menggunakan bahasa aceh namun sebagian menggunakan bahasa jame. Dialek Aceh Selatan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan dialek lainnya bahkan dipengaruhi oleh bahasa Jame, Kluet dan Singkil karena memang wilayah penutur Aceh di Aceh Selatan yang dikelilingi oleh 3 bahasa tersebut. Bahasa Jame sama dengan bahasa Sumatera Barat, namun dialeknya berbeda dan hal ini disebabkan adanya migrasi.

Kata kunci: Bahasa Ibu, Dialek Aceh


References


Chaer, Abdul. 206. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Renika Cipta

Creswell, J. 1994. Research Design Qualitative, Quantitaive. USA: Malden.

Djajasudarma, Fatimah. 1665. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Eresco

Masin, Mufti.2004.Bahasa Aceh Dialek Selatan. Banda Aceh.

Simanjuntak.1987.Pengantar Psikolinguistik.Moden.Kuala Lumpur.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.4965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: