PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERFORMANSI BERBASIS KKNI PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Liza Septa Wilyanti, Albertus Sinaga

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengembangan Instrumen Penilaian Performansi pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini dibagi menjadi dua aspek, (1) mendeskripsikan proses pengembangan instrumen penilaian performansi mahasiswa pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, (2) mendeskripsikan validitas, efektivitas, dan praktikalitas instrumen penilaian performansi mahasiswa pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk penilaian, validasi oleh validator, dan revisi desain instrumen penilaian, uji coba produk, evaluasi produk. Teknik pengumpulan data melalui teknik kepustakaan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Bentuk instrumen penilaian performansi pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang dihasilkan terdiri tiga jenis instrumen penilaian performansi. Ketiga bentuk instrumen tersebut sesuai dengan tiga performansi yang dituntut dalam pemebelajaran yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Ketiga bentuk instrumen penilaian performansi tersebut diberi nama (1)instrumen penilaian performansi proses analisis butir soal, (2) instrumen penilaian performansi laporan hasil analisis butir soal, dan (3) instrumen penilaian performansi presentasi analisis butir soal.

Kata kunci: Instrumen, Penilaian Kinerja, KKNI

References


Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos Vol III No 1, page 73-86.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Ristekdikti. (2015). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta. Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Setyosari. Punaji. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.5137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: