TINDAK TUTUR KELUHAN PADA BAHASA MELAYU TANJUNG BALAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tindak tutur keluhan pada bahasa Melayu Tanjung Balai. Data yang digunakan berasal dari komunikasi nonformal. Tindak tutur keluhan seorang ibu pada saat memberi nasehat kepada anaknya. Metode penelitian yang digunakan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Dari hasil analisis data, diperoleh pola tindak tutur keluhan pada bahasa Melayu Tanjung Balai, yaitu keluhan diikuti penjelasan, keluhan diikuti keluhan, keluhan diikuti permohonan pergantian atau keluhan diikuti pembenaran.
Kata Kunci: Tindak Tutur Keluhan, Bahasa Melayu Tanjung Balai
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Austin, J.L. (1962). How to Do Things with Words. London: Oxford University Press.
Cohen, A.D. (1996). Speech Acts. Dalam N. H. Hornberger & S. L. McKay. Sociolinguistics and Language Teaching. Cambridge: CUP
Malmkjer, K. (2006). The Linguistics Encyclopedia. London: Routledge
Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.
Rustono. (1999). Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.
Tarigan, Henry Guntur. (1986). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.5140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases:

