TINDAK TUTUR KELUHAN PADA BAHASA MELAYU TANJUNG BALAI

Hasnidar Hasnidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tindak tutur keluhan pada bahasa Melayu Tanjung Balai. Data yang digunakan berasal dari komunikasi nonformal. Tindak tutur keluhan seorang ibu pada saat memberi nasehat kepada anaknya. Metode penelitian yang digunakan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Dari hasil analisis data, diperoleh pola tindak tutur keluhan pada bahasa Melayu Tanjung Balai, yaitu keluhan diikuti penjelasan, keluhan diikuti keluhan, keluhan diikuti permohonan pergantian atau keluhan diikuti pembenaran.

Kata Kunci: Tindak Tutur Keluhan, Bahasa Melayu Tanjung Balai


References


Austin, J.L. (1962). How to Do Things with Words. London: Oxford University Press.

Cohen, A.D. (1996). Speech Acts. Dalam N. H. Hornberger & S. L. McKay. Sociolinguistics and Language Teaching. Cambridge: CUP

Malmkjer, K. (2006). The Linguistics Encyclopedia. London: Routledge

Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.

Rustono. (1999). Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.5140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: