Representasi Pendidikan Peranakan Tionghoa pada Masa Hindia-Belanda dalam Ruma Sekola yang Saya Impiken karya Kwee Tek Hoay

Yacub Fahmilda, Yustri Agung Prastiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi sosial khususnya pendidikan para peranakan Tionghoa masa pra-Indonesia dalam cerita Ruma Sekola yang Saya Impiken. Selain itu, penelitian ini juga dikaji kontekstualisasi cerita yang berlatar pada masa sistem Hindia-Belanda. Karya sastra peranakan Kwee Tek Hoay tersebut diterbitkan pertama kali pada 1925 oleh Drukkerij Sin Bin, Bandung. Naskah cerita ini dipilih karena ditulis oleh pengarang peranakan Tionghoa yang mengkritik pendidikan di bawah sistem Hindia-Belanda. Melalui cerita ini, tampak gagasan berupa konsep pendidikan bagi peranakan Tionghoa yang indipenden. Berdasar beberapa hal tersebut, dirumuskan pertanyaan penelitian. Pertama, bagaimana representasi pendidikan peranakan Tionghoa yang tercermin dalam naskah. Kedua, bagaimana korelasi masa sistem Hindia-Belanda terhadap pendidikan peranakan Tionghoa. Untuk mengurai pertanyaan-pertanyaan tersebut, penelitian ini digunakan metode deskriptif-analitis. Data pada penelitian ini berupa kutipan-kutipan teks cerita. Kumpulan kutipan tersebut dianalisis melalui pendekatan sosiologi sastra. Hasil penelitian ini diungkapkan bahwa naskah ini ditulis sebagai kritik kepada para perkumpulan Tionghoa agar menaruh perhatian pada bidang pendidikan. Secara kontekstual, naskah ini ditulis pada masa Hindia-Belanda sehingga sistem pendidikan peranakan Tionghoa tidak independen. Mereka tidak ada pilihan lain kecuali mengikuti sistem pendidikan peranakan Tionghoa yang disusun oleh sistem Hindia-Belanda. Bentuk dari sistem tersebut adalah berupa Hollandsch-Chineeseche School, yaitu sekolah khusus para peranakan Tionghoa. Melalui cerita ini diketahui bahwa pengarang berharap akan ada sekolah peranakan Tionghoa yang independen agar dapat melestarikan budaya leluhur, menyeimbangkan antara teori dan praktik berdagang, mampu beradaptasi dengan budaya lokal, serta mampu bergaul dengan penduduk lokal dan penduduk Eropa. Kata Kunci: Peranakan Tionghoa, Representasi Pendidikan, HindiaBelanda, Pendekatan Sosiologi Sastra

References


Budianta, Melani dkk. (2005). Nona Koelit Koetjing : Antologi Cerpen Pendek Indonesia

Periode Awal(1870-an 1910-an). Jakarta: Pusat Bahasa.

Damono, Sapardi Djoko. (2002). Pedoman Penelitian Sosiologi Sastra. Jakarta : Pusat

Bahasa.

Faruk. (2010). Pengantar Teori Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hapsari, Dyah Eko dan Hariyanti, Rosana. (2015). Idealisme Kwee Tek Hoay tentang

Sistem Pendidikan Berbasis Budaya Tionghoa dalam Cerita Pendek Ruma Sekola

yang Saya Impiken. Metasastra, Volume. 8, Nomor 1, hlm 1-16.

Ibrahim. (2013). TIONGHOA INDONESIA: Dari Dikotomi Ke Mono-Identitas?. Society,

Volume. 1, Nomor 1, Hlm. 46 55.

Li, Chunxia. (2013). Pandangan Pendidikan Pengarang Dalam Novel Rumah Sekolah yang

Saya Impiken Karya Kwee Tek Hoay. Thesis. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Merrill, Francis. (1967). The Sociology of Literature. Social Research, Volume. 34, Nomor

, hlm. 648-659.

Pujiharto. (2012). Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta : Ombak.

Pujiharto dan Soedibyo. (2016). The Position of Low Malay Shot Stories in The History of

Indonesian Literature. Humaniora, Volume. 28, Hlm. 97-105

Ratna, Nyoman Kutha. (2003). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

---------------------------- (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sukada, Made. (1993). Pembinaan Kritik Sastra Indonesia: Masalah Sistematika Analisis

Struktur Fiksi. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tim penerbit KPG. (2001). Kesastraan Melayu Tionghoa dan Kebangsaan Indonesia Jilid

: Jakarta: Penerbit Gramedia

http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Kwee_Tek_Hoay (diakses terakhir pada

Desember 2020 pukul 13.45 WIB).




DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v2i1.6572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: