FILM WEDDING AGREEMENT KARYA ARCHIE HEKAGERY (KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Siti Fatimaturrohmah, Ika Febriani

Abstract


Film merupakan suatu potret kehidupan nyata seseorang yang dilukiskan dalam
bentuk audio visual. Pada tayangan film tersimpan pesan yang diwujudkan dengan tanda
nonverbal yang mengandung sebuah makna. Penelitian ini menggunakan objek film
berjudul Wedding Agreement karya Archie Hekagery sebagai sumber data dengan
menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk mengkaji makna denotasi, makna
konotasi, dan makna mitos. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna
denotasi, makna konotasi, dan makna mitos pada film Wedding Agreement karya Archie
Hekagery. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data
yang dikumpulkan menggunakan teknik simak, teknik dokumentasi, dan teknik pustaka.
Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan
dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber yang
dilakukan dengan cara mencari data dari satu sumber untuk dibandingkan dengan data dari
sumber lain. Hasil penelitian menunjukkan (1) makna denotasi pada film Wedding
Agreement digambarkan secara apa adanya kehidupan pasangan suami istri yang menjalani
pernikahan atas dasar perjodohan, (2) makna konotasi pada film Wedding Agreement
diperoleh dengan mencari makna tanda nonverbal berupa bahasa tubuh, ekspresi wajah,
latar tempat dan objek, (3) makna mitos pada film Wedding Agreement diperoleh dengan
menganalisis tanda-tanda nonverbal berupa adegan-adegan, ketika acara pernikahan
berlangsung, sampai pada keadaan rumah tangga pasangan pengantin kemudian dikaitkan
dengan kebudayaan atau ideologi yang berlaku di kalangan masyarakat.


References


Barthes, Roland. 2006. Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana. (E-Book). Diakses pada 2 April 2021.

Barthes, Roland. 2017. Elemen-Elemen Semiologi. Yogyakarta: Basabasi. (Ipusnas). Diakses pada 3 April 2021.

Danesi, Marcel. 2011. Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi.

Yogyakarta: Jalasutra Anggota IKAPI.

Emzir, dan Saifur Rohman. 2016. Teori dan Pengkajian Sastra. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian beserta Contoh Proposal Kualitatif.

Pontianak: Perpustakaan Nasional. (E-Book). Diakses pada 8 April 2020.

Lantowa, Jafar. Nila Mega Marahayu dan Muh. Khairussibyan. 2017. Semiotika: Teori, Metode dan

Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama).

(Ipusnas). Diakses pada 5 April 2020.

Santosa, Puji. 2013. Ancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra. Bandung: CV. Angkasa.

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2016. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuningsih, Sri. 2019. Film dan Dakwah: Memahami Repesentasi Pesan-Pesan Dakwah dalam Film melalui

Analisis Semiotik. Surabaya: Media Sahabat Cendekia. (Online). Diakses pada 5 April 2020.

https://books.google.co.id/books?id=UbKeDwAAQBAJ&lpg=PPl&dq=film%20dan%20dakwah%20me

mahami%20representasi%20pesan%20pesan%20dakwah%20dalam%20film%20melalui%20analisis%20

semiotika&hl=id&pg=PPl#v=onepage&q=film%20dan%20dakwah%20memahami%20representasi%20

pesan%20pesan%20dakwah%20dalam%20film%20melalui%20analisis%20semiotika&f=false.




DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v2i2.8008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: