PENGARUH MODELVISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPENKELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Sri Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami isi cerita rakyat menggunakan Model Pembelajaran. Populasi Visual, Auditori, Kinestetik (VAK). dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPMuhammadiyah 47 Sunggal yang berjumlah 180 orang yang tersebar dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan disain penelitian True Experimental design tipe Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas VIII-1 (kelas eksperimen) yang menggunakan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) berjumlah 32 siswa adalah 79,29 menunjukan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 13 siswa (40%) sangat baik, 9 siswa (28%) baik, 5 siswa (16%) cukup, 5 siswa (16%) kurang dan 0 siswa ( 0%) sangat kurang. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh pada kelas VIII-4 (kelas kontrol) dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional berjumlah 32 orang adalah 63,65 menunjukan kemampuan kurang. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 12 siswa (38%) sangat baik, 3 siswa (9%) baik, 1 siswa (3%) cukup, 9 siswa (28%) kurang, 7 siswa (22%) sangat kurang. Berdasarkan penjelasan di atas hasil hipotesis membuktikan nilai rata-rata hasil kerja siswa yang menngunakan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) sebesar 79,29 lebih tinggi dari pada hasil rata-rata siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional sebesar 63,65. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) terhadap kemampuan menulis cerpen kelas VIII SMPMuhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2020-2021.

Kata Kunci: Visual, Auditori, Kinestetik (VAK), Menulis Cerpen.


References


Ali, M. & Asrori, M. (2014).Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan :CV.Iscom.

Lusita. 2011. Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif. Yogyakarta : Araska.

Sanjaya, W. (2007).Strategi Pembelajaran Berorientasi Sttandar Proses.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung : ALFABETA.

Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kharisma Putra Utama.

Wahab.(2007). Metode dan Model Model Mengajar.Bandung : Alfabeta.

Zainuddin.1992. Materi Pokok Bahasa Dan Sastra Indonesia.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Zainurrahman. (2011). Menulis : dari Teori Hingga Praktik.Bandung : Alfabeta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif . Medan: Cv.Iscom

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatn Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Sujai, 2008.Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi dan Metode Penyumbangan Kompetensi. Semarang: Walingoso Pers.

Taniredja, Tukiran, dkk. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: IKAPI.

Wahidin, Unang. 2007. Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Vol. IV No. 3 Halaman 259.




DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v2i2.8021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: