DONGENG SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN KESIAPSIAGAAN BENCANA BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Wildan Seni

Abstract


Bencana yang sering menimpa sebagian besar wilayah Indonesia menyadarkan kita akan
pentingya kesiapsiagaan bencana. Kesiapsiagaan bencana haruslah dimiliki oleh setiap individu
maupun masyarakat, tak terkecuali anak-anak. Khususnya anak usia sekolah dasar, sangatlah
penting bagi mereka memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana. Dongeng
sebagai bagian dari sastra anak dapat di manfaatkan sebagai media penyampaian pesan-pesan
kebencanaan kepada anak-anak, karena dongeng bisa membangun cara berpikir anak-anak,
bahkan bisa mengubah prilaku mereka. Pengkajian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana
dongeng dapat dijadikan sebagai media untuk membangun kesiapsiagaan anak usia sekolah
dasar menghadapi ancaman bencana. Penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif
melalui studi kepustakaan. Dari pengkajian ini menunjukkan bahwa dongeng mampu
meningkatkan daya serap informasi pembelajaran yang diberikan kepada anak sehingga dapat
meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak. Dengan demikian maka dongeng sangat layak
di dijadikan sebagai media penyampaian pesan-pesan kebencanaan kepada anak usia sekolah
dasar untuk membangun pengetahuan dan kesadaran mereka akan kesiapsiagaan bencana.
Kata kunci: Dongeng, Anak Usia Sekolah Dasar, dan Kesiapsiagaan Bencana


Full Text:

PDF

References


Abiyoga, A., Arifin, F. R., & Norlita, Y., Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Storytelling

(Bercerita) Dalam Personal Hygiene terhadap Hygienitas Kuku Pada Anak Usia sekolah. Jurnal Darul

Azhar, Vol. 4, No. 1, 2017: 71-80.

Ardini, P. P., Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal

Pendidikan Anak, Vol. 1, Edisi 1, 2012: 44-58.

Al-Qudsy, Muhaimin., & Nurhidayah, Ulfah. Mendidik anak Lewat Dongeng. (Yogyakarta: Madania, 2010).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. ((Jakarta: Pusat

Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 2017).24

Dewi, M. N., & Rustika, I., Pengaruh Mendongeng Sambil Bermain Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia

-11 Tahun di SD Negeri 8 Dauh Puri Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 4, No. 1, 2017: 119-

Herawati, E. N., Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Dongeng Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Lensa Pendas, Vol. 4, No. 2, 2019: 166-173.

Huck, Charlotte., Hepler, S., Hickman, J., & Kiefer, B. Children Literature in the Elementary School. (USA:

Holt, Rinehart and Winston Inc, 1987).

Liliani, Else. Pemanfaatan Sastra Anak Sebagai Media Mitigasi Bencana. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol.

, No. 1, April 2010: 29-58.

Danandjaya, James. Foklor Indonesia. Ilmu Gosip, Dongeng, Dan lain-lain. (Jakarta: Pustaka Grafitipress,

.

Nabang si Penunggang Paus. (https://dongengbencana.wordpress.com/nabang-si-penunggang-paus/), diakses 12

Januari 2020.

Nurjanah., Sugiharto, R., Kuswanda, Dede., Budi Prasodjo, Siswanto., & Prasetyo, KRT Adikoesoemo.

Manajemen Bencana. (Bandung: Alfabeta, 2011).

Ralibi, Imam Maliki. Fun Teaching. (Cikarang : Duha Khazanah, 2008).

Rosidah, Tur Cholifah., & Rusminati, Susi Hermin. Mendongeng Sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan

Nilai Budaya Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Figur, Vol. 01, No. 01, Januari 2007: 40-50.

Seni, Wildan. Video Dongeng Sebagai Media Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Gender

Equality, Vol.7, No. 01, Maret 2021: 1-13.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. (Bandung: Alfabeta, 2010).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana

Yudha, Andi. Cara Pintar Mendongeng. (Bandung: Mizan Media Utama, 2007)




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i3.9521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: