Analisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Kelas VI di SD Bina Satria Mulia

Riska Damayanty, Zaliyanti Dila Putri

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan respon siswa serta guru setelah pembelajaran IPA di kelas VI SD Bina Satria. Penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen angket. Jumlah responden yang didapat yaitu 25 orang. Pembelajaran IPA menurut Kurikulum 2013, menekankan peserta didik didorong untuk belajar melalui keterlibatan aktif dengan keterampilan- keterampilan, konsep-konsep, dan prinsip- prinsip. Peserta didik mendapatkan pengalaman dengan melakukan kegiatan yang memungkinkan mereka menemukan konsep dan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Hasil belajar yang optimal dapat dicapai dengan beberapa faktor, yakni faktor internal, eksternal dan pendekatan belajar. Faktor internal (faktor dari dalam diri siswa), yaitu keadaan/kondisi jasmani atau rohani siswa, sedangkan faktor eksternal (faktor dari luar), yakni kondisi lingkungan sekitar siswa dan faktor pendekatan belajar (approach to learning), yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi pembelajaran, dari faktor tersebut yang sangat dipengaruhi oleh guru ialah faktor pendekatan belajar, seorang guru harus menentukan bagaimana pendekatan yang harus dilakukan saat mengajar, hal ini dibuktikan dalam kegiatan pembelajaran, salah satu pelakunya ialah guru, perilaku guru adalah mengajar, perilaku mengajar tersebut terkait dengan penggunaan pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa

Keywords


Respon, siswa, IPA, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ariyawati, P. A. M., Waluyo, J., & Prihatin, J. (2017). Analisis respon siswa terhadap model Pairs, Investigation and Communication (PIC) dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1), 9-15.

Budi, B., Novanto, Y. S., & Anitra, R. (2021). RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 278-282.

Ekapti, R. F. (2016). Respon siswa dan guru dalam pembelajaran IPA terpadu konsep tekanan melalui problem based learning. Jurnal Pena Sains, 3(2).

Dewi, A. M. P., Mayasari, T., & Yusro, A. C. (2020, November). Analisis Respon Siswa terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Hasyim, F. (2019). Analisis respon siswa terhadap penggunaan kit kalorimeter dalam pembelajaran ipa pokok bahasan kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 11-18.

Rifa'i, M. R. (2022). Analisis Respons Siswa Terhadap Model Guided Inquiry Berbasis Praktikum Pada Pembelajaran IPA Sub Materi Perpindahan Kalor. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 11-19.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i1.15901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License