Analisis Problematika Pembelajaran IPA Pada Kelas V di SDS Attaufiq

Utami Nurul Huda, Enny Supriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kelas V di SD Swasta Attaufiq, Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada 20 siswa kelas V. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menghadapi tingkat permasalahan sedang (51% - 74%) dalam pembelajaran IPA. Permasalahan meliputi rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran IPA yang monoton, kurangnya fasilitas pembelajaran yang memadai, serta penguasaan materi dan keterampilan guru yang belum maksimal. Solusi yang diusulkan adalah menciptakan situasi pembelajaran yang mengajak siswa aktif berpartisipasi, menggunakan media pembelajaran yang menarik, dan menerapkan praktikum atau eksperimen dalam pembelajaran. Selain itu, disarankan bagi pihak sekolah untuk menyediakan fasilitas sebagai media pembelajaran IPA.Penelitian ini menyajikan hasil analisis berbagai faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran IPA di kelas V SD Attaufiq, termasuk metode pengajaran, penggunaan sumber belajar yang relevan, keterampilan guru dalam menyampaikan materi, dan dukungan dari pihak sekolah serta orangtua siswa. Analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyukai praktikum dan eksperimen dalam pembelajaran IPA, namun kurangnya fasilitas media pembelajaran menjadi kendala dalam menghadirkan variasi pembelajaran yang menarik. Selain itu, penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran guru juga perlu ditingkatkan untuk menciptakan pembelajaran IPA yang efektif.

Full Text:

PDF

References


A. SilsiliaA,. & Siregar, T. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Kit IPA Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hantaran pAnas pda Benda Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 03Nabire. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia.

ALFABETA.Ariany, Y. (2017). Problematika Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri Di Kecamatan Lima. Journal Biosains, 306–314.

Anggara, S. (n.d.). Metode Penelitian Administrasi. B. A. Saebani. Bandung: CV Pustaka Setia.

Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277

Dewi, P. S. & R. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Proses Aktivitas Guru dan siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. https://ifory.id/abstract/7k94TrqNa2h 8

Dinatha, N. M. dan D. N. L. L. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 214-223. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/555

Hariani, N. M. M., & Yulandariani, Y. (2022). Problematika Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(1), 39–53. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i1.434

Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Winangun, I. M. A. (2022). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2294

Lestari, A. G., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2019). Identifikasi Kendala Pendidik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Se-Kabupaten Pringsewu. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 66-74.

ovembli, M. T. (2016). Layanan Proses Pembelajaran pada Anak Berkesulitan Belajar (Studi Kasus di SD Negeri 03). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1): 1-13.

Insani. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru Ipa Smp SeKota Malang. Jurnal pendidikan Biologi, 7(2), 81-93. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i 2p81-93

Ariany, Y. (2017). Problematika Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri Di Kecamatan Lima Kaum Tahun 2017/2018. Journal Biosains, 1(2), 306-314.

Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.2

Dewi, P. S. & Rochintaniawati, D. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Proses Aktivitas Guru dan Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) Bandung, Indonesia., 489-492) https://ifory.id/abstract/7k94TrqNa2h 8




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i1.16063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License