Analisis Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SDS Attaufiq Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat keaktifan pada siswa kelas IV SDS di kota Medan pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDS Attaufiq Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat keaktifan kelas IV SD di kota Medan sangat tinggi. Peneliti menemukan kegiatan yang memicu keaktifan siswa. Keaktifan tersebut meliputi, aktif dalam mendengarkan, aktif dalam membaca, aktif dalam bertanya, aktif dalam mengerjakan soal, dan aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru. Siswa kelas IV di SDS Attaufiq Medan memiliki 2 tingkat keaktifan siswa. Dua tingkat keaktifan tersebut yaitu “sangat tinggi” dan “sedang”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Zuliani, Rizki, and Ferry Perdiansyah. 2020. Pembelajaran IPA SD. edited by M. Santosa. Jakarta: FKIP UMT PRESS.
Fitria, Yanti &. Indra, Widya. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. edited by A. Y. Wati. Sleman: Deepublish.
Sinar. 2018. Metode Active Learning (Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa). edited by I. Nuraini. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. edited by Sutopo. Bandung: ALFABETA.
Putri, Dhara Atika, and Taufina Taufina. 2020. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(3):610–16. doi: 10.31004/basicedu.v4i3.403.
Tiara Naziah, Syifa, Luthfi Hamdani Maula, and Astri Sutisnawati. 2020. “ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR.” 7(2):2614–0136. doi: 10.26555/jpsd.
DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i1.16066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
(EJOES) Educational Journal of Elementary School
Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera UtaraKampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License