Pengembangan Lembar Kerja Peseta Didik (LKPD) Bentuk Leafleat Dengan Model Group Investigation Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V YPI Nur Fadhillah

Putri Rachma Mawadha, Melyani Sari Sitepu, Indah Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKPD) berupa leaflet untuk mata pelajaran IPA di kelas V YPI Nur Fadhillah. LKPD disesuaikan dan disusun sesuai langkah-langkah dalam model pembelajaran group investigation berupa leaflet yang berisi identifikasi topik berupa rangkuman materi, investigasi berupa soal dan praktikum materi kalor dan perubahan bentuk soal. objek. Pengembangan LKPD dilakukan dengan menggunakan metode penelitian R&D (Reserch & Development), model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Namun peneliti membatasi pada tahap Evaluation (evaluasi). Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Hasil kelayakan leaflet bentuk LKPD diperoleh secara keseluruhan sangat baik. Penilaian validasi ahli materi sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian validasi ahli desain sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Dan hasil penilaian validasi ahli bahasa sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian kepraktisan oleh guru sebesar 98,67% dengan kriteria sangat praktis dan hasil penilaian kepraktisan oleh siswa sebesar 92% dengan kategori sangat praktis, sehingga LKPD layak digunakan di Sekolah Dasar (SD).

Keywords


LKPD IPA in the form of leaflets, Group investigation, Students

Full Text:

PDF

References


Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya. Jurnal Informatika, 4(2), 163–173.

Muliyantini, P., & Parmiti, D. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 91.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i1.16273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License