Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SD Negeri 173642 Hasahatan

Putri Afriani sirait, Amin Basri, Indah Pratiwi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran., dan kurang tepatya guru dalam menerapkan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas IV SD Negeri 173642 Hasahatan yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel bebas adalah model pembelajaran Project Based Learning, variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired sampel T-Test yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar ,000. Berarti ,000 < 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SD Negeri 173642 Hasahatan”.

Keywords


Model Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Fitriani, Lisna dan Istianti, Tuti. 2017. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Antologi UPI. Volume.5, No. 1.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : P.T Bumi Aksara Jaya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, dkk. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA di 3 SD Gugus X Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Volume.3, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i2.16308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License