Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh T.A. 2022/2023

Wirda Mega Ermita Lubis, Indah Pratiwi, Suci Perwita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif serta menggunakan teknik total sampling di mana seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah sebanyak 50 orang. Proses pengambilan data menggunakan pretest dan posttest dengan skala penilaian 0 dan 1. Kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 28. Hasil penelitian dari uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran saintifik dengan kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0,025 < 0,05 dengan kesimpulan H1 diterima dan H0 ditolak serta nilai thitung adalah 2,306 > 2,0106.

Keywords


Saintifik, Berpikir, Kritis.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. S. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara

Akbar, K. (2015) .Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika, Makalah yang disampaikan dalam E-Training Terstruktur P4TK Matematika.

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran .Bandung. Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2015) .Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara.

A. Wahab, J. (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS, Bandung. Pustaka Reka Cipta.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta. Gava Media.

Deti, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery, Jurnal Euclid, No. 1, Vol 3: 3

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalia Indonesia.

Jufri, A. W. (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS, Bandung. Pustaka Reka Cipta

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Komalasari, K. (2013) .Pembelajaran Contekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung. Refika Aditama.

Majid, N. K. (2015). Pengaruh Penerapan Metode The Power of Two Terhadap Kecakapan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK TARUNA Balen, Bojonegoro, Skripsi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nurdia, Z. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains, Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Permendikbud No. 103, (2014). tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta. Kemendikbud.

Pateliya, Y. P. (2013). An Introduction to Modern Models of Teaching. [Online]. International Journal for Research in Education Volume 2, Issue 2.

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016.JTIEE. Volume 1 No.1.

Rusman, (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian, Jakarta. RajaGrafindo Persada.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta. Bumi Aksara.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar.

Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sujana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris, Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran, Bandung. Alfabeta.

Utari,. (2017)..Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sma Gajah Mada T.P 2016/2017, Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Zaluchu, S. E. (2018). Sistematika Dan Analisis Data Riset Kuantitatif (Edisi 3), Semarang. Golden Gate Publishing Semarang




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i2.16309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License