Pengaruh Model Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan berargumentasi siswa di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V-A dan V-B SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan yang berjumlah 56 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunnakan tes yang berjumlah 15 soal berbentuk uraian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen (model pembelajaran argument driven inquiry) diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 38,68 dan post-test sebesar 84,69, sedangkan di kelas kontrol (model pembelajaran konvensional) diperoleh hasil rata-rat pre-test sebesar 34,82 dan post-test sebesar 76,79. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran argument driven inquiry memberikan dampak yang signifikan bagi siswa dalam kemampuan berargumentasi. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,001, yang mana 0,001 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model argument driven inquiry terhadap kemampuan berargumentasi siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gresi Dwiretno & Woro Setyarsih. (2018) “Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik,” Inovasi Pendidikan Fisika 7, no. 2
Handayani, Suci. (2019). Pembelajaran Speaking Tipe STAD Yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Heitmann, P., Hecht, M., Schwanewedel, J., & Schipolowski, S. (2014). Students’ Argumentative Writing Skills in Science and First-Language Education: Commonalities and differences. International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.962644
Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta'dib, 70-81
Karlina, G., & Alberida, H. (2021). Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi. 5(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Lestari dan Mokhammad. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Miaturrohmah, (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi pada Prinsip Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Tema Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTsN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Nur, Dini Husna. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma 1. Hlm 170-175.
Rahman, A., Diantoro, M., & Yuliati, L. (2018). Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Hukum Newton di Sek.olah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan: Teori, Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi 7 Penelitian, & Pengembangan, 903–911.
Rusman. (2019). Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praktik, dan Penilaian). Jakarta : Pt. Raja Grafindo Persada.
Shandy, A. K., Tandililing, E. dan Oktavianty, E. (2018). Pengaruh model inkuiri untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik terhadap materi getaran dan gelombang. Artikel. 1-9.
Sugiyono. (2017). Metode Peneleitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Peneleitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Supardi. (2017). Statistika Penelitian Pendidikan (perhitungan, penyajian, penjelasan, penafsiran, dan pennariikan kesimpulan. Depok : Pt. Raja Grafindo Persada Negeri (Iain)
DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i2.16553
Refbacks
- There are currently no refbacks.
(EJOES) Educational Journal of Elementary School
Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera UtaraKampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License