Pengaruh Model Pembelajaran Berdeferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Swasta Amaliyah Sunggal

Kristy Syahputri, Ismail Saleh Nasution

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan pada mata pelajaran matematika dan siswa masih kurang dalam mengembangkan kemampuan menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V SD Swasta Amaliyah Sunggal yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel bebas adalah model pembelajaran Berdeferensiasi sedangkan untuk variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Withney yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,002. Berarti 0,002 < 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berdeferensiasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Swasta Amaliyah Sunggal”

Keywords


Model Berdeferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Bayumi, d. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdeferensiasi. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan siswa Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdeferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdeferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Rosinta Siburian, d. (2019). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Sandu Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i2.16593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License