Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Linktree Interaktif Pada Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup Kelas IV SDN 106158 Pematang Johar

Novita Anggraini, Fahrur Rozi

Abstract


Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar dan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah karena guru hanya menggunakan media gambar dengan pengajaran konvensional saja di kelas IV SDN 106158 Pematang Johar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis linktree interaktif pada tema 3 subtema 2 pembelajaran 3 yang layak, praktis, dan efektif digunakan. Jenis penelitian ini menggunakan model 4D yang memiliki 4 tahapan ( Define, Design, Development, Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah Siswa-Siswi Kelas IV SDN 106158 Pematang Johar yang berjumlahkan 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media video animasi berbasis linktree interaktif tema 3 subtema 2 pembelajaran 3, menunjukkan hasil validasi materi oleh validator ahli materi dan validasi media oleh ahli media memperoleh hasil persentase kelayakan 90% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil persentase 93,3% kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji keefektifan media dapat diketahui bahwa setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari awal rata-rata sebelum menggunakan media yaitu 51,7% kategori “Kurang” dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 90% kategori “Sangat Baik” dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”, dan hasil respon peserta didik memperoleh hasil kualifikasi nilai 4,2 dalam kualifikasi penilaian dikategorikan mendapatkan respon yang “Baik” terhadap produk media yang dikembangkan. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis linktree interaktif tema yang dikembangkan peneliti layak, praktis dan efektif digunakan pada Tema 3 peduli Terhadap Makhluk Hidup Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup Dilingkungan Sekitar Pembelajaran 3 kelas IV SDN 106158 Pematang Johar

Keywords


Media Video Animasi, Linktree Interaktif, Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup

Full Text:

PDF

References


AH Sanaky, Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Rajawali Pers.

____________. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Akker, J. Van Den. (2010). Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publisher.

Anggit. (2018). Pengembangan Media Interaktif Animasi Dasar Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Siswa Kelas XI Di SMK N 5 Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Asyhar, Rayandra. (2013). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran Jakarta : Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Buchari, Sentinowo, & L. (2015). Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan. E- Journal Teknik Informatika.

Channel, B. (2020). Review Terabry Mengenai Aplikasi Capcut. https://www.bandotgaming.xyz/2020/09/Aplikasi capcut.html?m=1

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta : Gava Media.

Dian. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK N 1 Pleret.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Isromia, S. (2021). Keefektifan Pembelajaran E-Learning Berbantuan Linktree Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Tata Surya Kelas Vi Min 1 Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru. http://digilib.uinsby.ac.id/49480/

Ivers, K.S. & Baron, A. (2010). Multimedia Projects Ineducation Designing Produ-cing ang assesing (4th ed). Santa Bar-bara: Abc.Clio. Llc.

Manurung. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta : Halaman Moeka.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya

Narendara. (2021). Aplikasi Capcut Pro Mod APK Download Versi Terbaru 2021. https://rsddrsoebandi.id/aplikasi-capcut-pro/

Nusirwan, M. S. (2020). Pengembangan Materi Ajar Berbasis (ICT) Dengan Memakai Linktree Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VI SD Islam Annur Prima Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Maju, 8 (2), 433–447.

Pertiwi, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Information and Communication Technology (ICT) dengan Menggunakan Link.Tree pada Materi Statistik Kelas X SMK IMELDA. Jurnal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://digilib.uinsby.ac.id/49480/

Pribadi, Benny. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Purwanto, J. (2011). Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta Kencana.

Puspitosari, H. A. (2010). Pemrograman Web Database dengan PHP dan MySQL Tingkat Lanjut. Skripta.

Putra, N. (2012). Research and Development, Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahmil, A. dan. (2017). Korelasi Motivasi Belajar Menggunakan Media Berbasis Video Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gejala Alam di Kelas V SD Negeri 1 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, V (1), 32.

Raisha, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis WEB Menggunakan Linktree Pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Pendiidikan UIN Gunung Jati.

Retnawati, H. (2015). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Bandung: Parama Publishing.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rizky Wantoro, Citra Ika Praciitya, D. (2021). Pengembangan Media “Linktree” Dalam Pembelajaran Daring Menyampaikan Teks Berita Bagi Siswa Kelas VII. Jurnal Terbuka, 2 (1), 21–32.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelejaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. In Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (hal. 172). Kencana.

Semiawan, C. (2010). Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Smaldino, S. E. et. al. (2011). Instructional Technology and Media from Learning. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sofyan, A. F. (2010). Digital Multimedia: animasi, sound, editing dan video editing (hal. 4). Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

___________. (2013). Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

___________. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

___________. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Susilana, Rudi & Riyana, Cepi. (2017). Media Pembelajaran : Bandung: Wacana Prima

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpasu : Konsep Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.

Winarso, B. (2021). Cara Menggunakan Aplikasi Capcut untuk Edit Video. https://trikinet.com/post/aplikasi-capcut/

Young & Abreu (2011). Game Quiz Online. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Zaccaria, A. (2020). Bootstrapped and Global from Day One: The Story of Linktree. https://startupnation.com/start-your-business/bootstrapped-global




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License