Strategi Guru Membentuk Kemandirian Siswa Melalui Pelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 MIN 10 Medan

Nurul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Proses pembelajaran matematika selama masa pandemi covid-19 2) Strategi yang dilakukan guru dalam menanamkan kemandirian siswa melalui pelajaran matematika selama masa pandemi covid-19 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam membentuk kemandirian siswa melalui pelajaran matematika di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di MIN 10 Kota Medan. Dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru wali kelas V-A dan kepala sekolah MIN 10 Kota Medan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 di MIN 10 Kota Medan tidak sepenuhnya dilakukan secara daring, guru tetap melaksanakan pertemuan dua kali semingu. Dan strategi yang digunakan guru melalui tiga tahapan yakni strategi perencanaan, pelaksanaan dan strategi evaluasi. Dalam penerapan ini juga tentunya ada faktor penghambat yang dirasakan sekolah namun tetap seimbang dengan faktor pendukung yang dilakukan sekolah guna menerapkan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Keywords


Strategi, Kemandirian, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Amka. (2018). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Banjarmasin: Nizamia Learning Center.

Arifin, Samsul Bambang dan Rusdiana. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Asmara, Anita. Wali Kelas V-A, Observasi Awal. “ Wawancara pribadi “. Medan, 18 Maret 2021.

Astianti, (2013). Karakter Mandiri anak usia dini. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitri, Anggi. (2018). Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an Hadits. Jurnal Studi Pendidikan Islam. 1(2), 38-67.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yoyakarta: Pustaka Ilmu

Jayanti dan Widyaninggar. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1), 460-471.

Mardianto dan Amini. (2018). Konsep Guru dan Pendidikan (Tips untuk Guru Pemula). Medan: Perdana Publishing.

Mustoip, Sofyan, dkk. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Nasution, Nur Wahyudinn. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Rahman, Aulia Arief. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Soedjaji. (2000). “Kiat Pendidikan Matrmatika di Indonesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan”. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional).

Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. 13(1), 100-110.

Wandini, Rizky Rora. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan:

Yaumi, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Yusuf, A. Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Yusnaldi, Eka. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publishing.

Zaihidi, Salman. (2019). Internalisasi Karakter Kemandirian Pada Mata Pelajaran PAI (Kajian Atas Proses Pembelajaran di SMP N 2 Babat Lamongan), Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(02), 293-301.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License