PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Rosliana Nasution, Deny Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa kelas X SMAN 10 Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Jumlah populasi yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 270 orang, dan dalam menentukan sampel diambil sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 54 orang yang diambil secara acak sederhana atau random sampling. Untuk menghitung koefisien kompetensi pedagogik guru PPKn dan minat belajar siswa digunakan rumus statistik product moment. Korelasi antara variabel x dan variabel y menunjukan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung > rtabel ) atau 0,459 > 0,263 pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa. Dari analisis hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel atau 3,726>1,675 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan kebebasan (dk) = n-2 (54-2=52, maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yaitu terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak yaitu tidak terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa kelas X SMAN 10 Medan.

Keywords


Kompetensi Pedagogik, Minat Belajar, PPKn

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitin Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Nana, Sudjana. Pengertian Minat Belajar Siswa. (http://meiskekatampuge.blogspot. com/2013/07/pengertian-minat-belajarsiswa-menurut.html), diakses: Kamis, 5 Februari 2015, pukul: 14.10 wib. Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Purba, E. (2013). Filsafat Pendidikan. Medan: Unimed Press. Purwanto, M. Ngalim. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sadulloh, Uyoh. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta. Setiawan, Deny. (2014). Metodologi Penelitian. Medan:Unimed Press Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Surakhman. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2003). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Syahrum & Salim. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media. Uno, H. B. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Wau, Y. (2013). Profesi Kependidikan. Medan: Unimed Press Wau, Y. Menurut kalian kenapa pelajaran PKn membosankan. Didownload dari http://id.answer.yahoo.com/question/inde x?qid=20110917233236AA0EQV, diakses: Kamis, 5 Februari 2015.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i3.7221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License