PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI CARA CEPAT PENGEMBANGAN PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SECARA ONLINE DI MADRASAH

Wiene Surya Putra

Abstract


Menanggapi penutupan madrasah sebagai akibat dari pandemi COVID-19 di madrasah- madrasah diIndonesia penelitian ini mengadakan program pelatihan selama seminggu untuk mempersiapkan guru madrasah untuk Pembelajaran Jarak Jauh online. Pelatihan tersebut merupakan program pengembangan profesional tiga tahap yang dapat direplikasi di Lembaga- lembaga pendidikan lain. Program ini difokuskan pada: 1) pengembangan profesional guru online, 2) pendampingan sejawat, dan 3) pengawas madrasah bertindak sebagai Pemimpin Instruksional dalam peran sebagai rekan guru.


Keywords


Pengembangan Profesional Inservice, Pembelajaran Jarak Jauh, Google Classroom, Pelatihan Guru Online, Pemimpin Instruksional, Bimbingan

Full Text:

PDF

References


Barbour, MK, & Reeves, TC (2009). Realitas sekolah virtual: Tinjauan literatur. Komputer & Pendidikan, 52(2), 402-416.

Bearman, S., Blake-Beard, S., Hunt, L., & Crosby, FJ (2007). Arah baru dalam pendampingan. Dalam TD Allen & LT Eby (Eds.), The Blackwell handbook of mentoring: A multiple perspektif approach (pp. 375395). Malden, MA: Penerbitan Blackwell.

Brazer, SD, & Bauer, SC (2013). Mempersiapkan pemimpin instruksional: Sebuah model. Triwulanan Administrasi Pendidikan, 49(4), 645-684.

Burdina, GM, Krapotkina, IE, & Nasyrova, LG (2019). Pembelajaran jarak jauh di ruang kelas sekolah dasar: Sebuah kerangka kerja yang muncul untuk praktek kontemporer. Jurnal Instruksi Internasional, 12(1), 1-16.

Chen, Y., Chen, NS, Chin-Chung, T. (2009). Penggunaan diskusi sinkron online untuk pengembangan profesional berbasis web untuk guru. Komputer dan Pendidikan, 53(4), 1155- 1166.

Cognia. (dan). Pertanyaan panduan untuk meninjau lingkungan digital dan LMS: Mengamati lingkungan digital. https://www.cognia.org/wp-content/uploads/2020/04/guiding-questions- reviewing-digital-environment-and-lms.pdf

DiPietro, M., Ferdig, R., Hitam, E., & Preston, M. (2008). Praktik terbaik dalam mengajar K-12 online: Pelajaran dari guru Sekolah Virtual Michigan. Jurnal Pembelajaran Interaktif, 7, 1035. Dorner, H., & Kumar, S. (2016). Pendampingan kolaboratif online untuk integrasi teknologi dalam pendidikan guru pra-jabatan. TechTrends,60. 48-55.

Ferr, M. [Saku Pratama]. (2019, 7 Juli). Memulai Google Classroom: EDTech menjadi mudah - tutorial Google Classroom [video].

Youtube.https://www.youtube.com/watch?v=rCNImsWUxZA

Garnisun, DR (2007). Komunitas online tinjauan penyelidikan: Masalah kehadiran sosial, kognitif, dan pengajaran. Jurnal Jaringan Pembelajaran Asinkron, 11(1) 61-72.

Greenhow, C., & Aksari, E. (2015). Belajar dan mengajar dengan situs jejaring sosial: Satu dekade penelitian dalam pendidikan terkait k-12. Pendidikan dan Teknologi Informasi, 22, 623645.

Hallinger, P. (2011). Sebuah tinjauan tiga dekade studi doktoral menggunakan skala penilaian manajemen instruksional utama: Sebuah lensa kemajuan metodologis dalam kepemimpinan pendidikan. Triwulanan Administrasi Pendidikan, (47)2, 271-306.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: Apa yang berhasil dan bagaimana caranya? Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 12-18.

Kennedy, K., & Archambault, L. (2012). Menawarkan pengalaman lapangan guru prajabatan dalam pembelajaran online K-12: Survei nasional program pendidikan guru. Jurnal Pendidikan Guru, 63(3), 185-200. DOI: 10.1177/002248711433651

Nachmias, R., Mioduser, D., Forkosh-Baruch, A. (2008). Praktik pedagogis inovatif menggunakan teknologi: Perspektif kurikulum. Dalam J. Voogt & G. Knezek (Eds.), Buku pegangan internasional teknologi informasi dalam pendidikan dasar dan menengah, (hal. 163- 179). New York, NY: Springer.

Nguyen, T. (2015). Efektivitas pembelajaran online: Di luar perbedaan yang signifikan dan cakrawala masa depan. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Online MERLOT, 11(2), 309-329. Neumerski, CM (2013). Memikirkan kembali kepemimpinan instruksional, tinjauan: Apa yang kita ketahui tentang kepala sekolah, guru, dan pelatih kepemimpinan instruksional, dan ke mana kita harus pergi dari sini? Triwulanan Administrasi Pendidikan, 49(2), 310-347. Pendidikan, 49(2), 310-347.

Park, JS Oliver, TS Johnson, P. Graham, & N. Oppong (2007). Peran rekan dalam pengembangan profesional guru: Hasil proyek penelitian Dewan Nasional Standar Profesional Pengajaran. Pengajaran dan Pendidikan Guru, 2(4), 368-389.

Renninger, KA, Shumar, W. (2004). Sentralitas budaya dan komunitas untuk peserta belajar di dan dengan forum matematika. Dalam S. Barab, R. Kling, & JH Gray (Eds.), Merancang untuk komunitas virtual dalam pelayanan pembelajaran (p.181-209). Sindikat Pers dari University of Cambridge Press.

Robinson, VMJ, Lloyd, CA, & Rowe, KJ (2008). Dampak kepemimpinan pada hasil siswa: Analisis efek diferensial dari jenis kepemimpinan. Triwulanan Administrasi Pendidikan, 44(5), 635674.

Rodesiler, L., & Tripp, L. (2012). Mentoring guru bahasa Inggris pra-jabatan dan karir awal di lingkungan online. Jurnal Bahasa Inggris, 102(2), 134-137.

Rymer, J. (2002) 'Hanya terhubung': Mengubah diri kita sendiri dan disiplin kita melalui pendampingan bersama. Jurnal Komunikasi Bisnis, 39(3), 342363.

Schacter, J., & Jo, B. (2016). Meningkatkan prestasi matematika anak prasekolah berpenghasilan rendah dengan Math Shelf, kurikulum komputer tablet prasekolah. Komputer dalam Perilaku Manusia, 55, 223-229. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.09.013.

Goyang, H. (2020). Kepemimpinan keadilan sosial, kepemimpinan instruksional, dan tujuan sekolah. Jurnal Internasional Manajemen Pendidikan, 34(1), 81-95.

Sinclair, C. (2003). Mentoring online tentang mentoring: kemungkinan dan praktik. Bimbingan & Bimbingan: Kemitraan dalam Pembelajaran, 11(1), 7994.DOI: 10.1080/1361126032000054826 Smith, A. (2007). Pendampingan untuk kepala sekolah yang berpengalaman: Pembelajaran profesional di tempat yang aman. Bimbingan dan Bimbingan: Kemitraan dalam Pembelajaran, 15, 277291.DOI: 10.1080/13611260701202032.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i2.9862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License