Editorial Policies

Focus and Scope

Ihsan: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara adalah jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil program Pengabdian Kepada Masyarakat (Community Based Services). Manuskrip/Naskah yang dipublikasikan di Ihsan: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat meliputi hasil-hasil kegiatan program pengabdian kepada masyarakat yang meliputi berbagai bidang fokus seperti Agama, Hukum, Sosial, Politik Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Ekonomi dan Teknik yang bersifat asli dan baru dari berbagai kalangan akademisi baik nasional maupun internasional.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat mengimplementasikan setiap naskah yang diterima akan melalui proses peninjauan oleh Editor dan pengulas, menggunakan Proses Double-Peer Review, dimana reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis tidak mengetahui identitas reviewer. Jurnal Intiqad menerapkan kebijakan Double Blind Peer-Review, setiap naskah yang diterima akan dikirim ke Reviewer yang terdaftar di Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Proses peninjauan berlangsung maksimum hingga 30 (tiga puluh) hari dengan alokasi waktu yang diberikan kepada setiap peninjau untuk menyelesaikan proses peninjauannya adalah maksimal sepuluh (10) hari kerja. Jika para mitra yang ditunjuk bestari sebelumnya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan ulasannya dalam batas waktu yang ditentukan maka ketua Dewan Editorial akan menunjuk pengganti untuk melakukan naskah ulasan pengulas. Dalam proses peninjauan, pengulas memberikan pertimbangan terkait dengan kompatibilitas antara judul, abstrak, pengantar, diskusi (hasil) dan kesimpulan. Selain itu reviewer juga memberikan pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah dan referensi yang digunakan Proses Peninjauan: 1. Penulis menyerahkan naskah 2. Evaluasi Editor [beberapa manuskrip ditolak atau dikembalikan sebelum proses peninjauan] 3. Proses tinjauan sejawat double-blind 4. Keputusan Editor 5. Konfirmasi kepada penulis

PROSES EDITORIAL

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.