Pemberdayaan Kelompok Perempuan Nelayan Berbasis Digital Mother School sebagai Andil Modern dalam Manajemen Strategis Akibat Pembelajaran Daring di Desa Bawolowalani Nias Selatan

Yorizal Tri Marzuki Gulo, Mikael Irwan Susanto Sarumaha, Servista Waruwu, Beby Masitho Batubara, Lebiyus Gulo, Syahra Mitha, Sudirman Pranata, Lia Andriyani, Lili Handayani Halawa, Dara Bella, Agung Rahmat Christin Mendrofa

Abstract


Kegiatan pemberdayaan Kelompok Perempuan Nelayan di Desa Bawolowalani Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan dilaksanakan selama 5 bulan dari bulan Juli-November 2021. Jumlah khalayak sasaran ini adalah sebanyak 50 orang, berusia 30-55 tahun. Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan ini akan melibatkan 5 orang tokoh masyarakat Desa Bawolowalani, kepala desa, kepala dusun serta beberapa pemuda Desa Bawolowalani dalam melakukan koordinasi, kerjasama dan dalam memelihara ketertiban jalannya kegiatan. Pelaksanaan program Pemberdayaan Kelompok Perempuan Nelayan Berbasis Digital Mother School sebagai Andil Modern dalam Manajemen Strategis Akibat Pembelajarang Daring dilakukan dengan 3 tahapan yakni: Tahapan Persiapan, Tahapan Pelaksanaan dan Tahapan Monitoring dan Evaluasi. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian Kelompok Perempuan Nelayan dan juga masyarakat terhadap kondisi sosial dan pendidikan masyarakat Desa Bawolowalani, menciptakan kader-kader di masyarakat di Desa Bawolowalani, terbentuknya kelompok dan kelembagaan dengan berbagai mitra di Desa Bawolowalani, menghasilkan kerjasama Kelompok Perempuan Nelayan dan masyarakat Desa Bawolowalani dengan pemerintahan desa dan perguruan tinggi, keterlibatan rekan-rekan mahasiswa serta dosen-dosen dalam melakukan pengabdian masyarakat serta terjadinya proses implementasi mata kuliah di desa. Hasil program ini telah mampu menumbuhkan semangat antusias Kelompok Perempuan Nelayan dalam mengikuti kegiatan Digital Mother School sehingga menciptakan kepedulian terhadap masalah pendidikan. Di, samping telah menciptkan mahasiswa yang dalam hal ini melalui organisasi bersama lembaga perguruan tinggi masuk kedalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dalam mengaktualisasikan pengalaman serta ilmu agar terbentuknya sinergitas yang berkelanjutan.


Keywords


Bawolowalani Village, Digital Mother School, Women Fishermen Group

Full Text:

PDF

References


Etika Widi Utami, (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020. 3(1), 472. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/637.

Fitriyana, N. (2020). God Spot Dan Tatanan New Normal Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 21 (1), 124.

Khadijah, & Gusman. (2020). Pola Kerja Sama Guru dan Orang tua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumara Cendekia. Vol. 8 (2), 154- 170.

Lutfiah, S., Z. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Dealektik. Vol. 2 (2) 2655-8491.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.10172

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.10172.g7836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882