Penanggulangan Tingkat Kenakalan Remaja Dengan Bimbingan Agama Islam Di Desa Nagori Wonorejo Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun

Hadi Saputra Panggabean, Nurhalimah Tambunan, Sakban Lubis

Abstract


Tujuan dilaksanakannya program pusat pengabdian masyarakat dan desa binaan (PPMD) ini adalah selain untuk melaksanakan salah satu unsur dari tri dharma perguruan tinggi, maka program ini dilakukan untuk menjawab permintaan masyarakat terutama warga desa nagosi wonorejo untuk melakukan pelatihan muballigh dengan harapan berkurangnya kenakalan remaja yang marak terjadi di desa. Target khusus yang ingin dicapai dari kegiatan program ini adalah: 1) Masyarakat khususnya remaja masjid al-Mukhlishin desa nagori wonorejo, sehingga dalam tercipta masyarakat yang aman dan religius; 2) BKM al-Mukhlisihin memiliki program berkelanjutan untuk membina para remaja masjid dan menambah keahlian dalam memanfaatkan mendakwahkan syiar Islam di desa Nagori Wonorejo; 3) Masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan memperkuat nilai-nilai religius antar sesame demi mewujudkan masyarakat yang bermartabat dan berkemajuan. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan sosialisasi dan pelatihan, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktik langsung. Kemudian metode pendekatan lain yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif (partisipatory approach). Tahap pelaksanaan program ini dimulai dari persiapan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam membuat program keberlanjutan untuk mewujudkan remaja yang religi dan islami, serta juga sebagai bahan pengembangan literasi tentang melatih remaja menjadi muballih yang handal dan amanah.


Keywords


Penanggulangan, Kenakalan Remaja, Bimbingan Agama

Full Text:

PDF

References


Al Bara, Pradesyah, R., & Ginting, N. (2019). Pengembangan Ekonomi Keluarga Berbasis Mompreneur Bagi Ibu-Ibu Di Pimpinan Cabang Aisyiyah Duriankota Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 126-135.

Albara, & Pradesyah, R. (2021). Pengelolaan Keuangan Masjid Berbasis Manajemen Keuangan Syariah Pada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Batang Kuis. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43-53.

Ginting, N., & Hasanuddin. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Hadis, A. Nurhayati. (2008). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Herlina, H., & Kosasih, A. (2016). Penanggulangan kenakalan remaja di SMP Daarut Tauhid Boarding School. SOSIETAS.

Lestari, Alia dan Muhammad Hajarul Aswad. (2015) Pemetaan Tindak Kriminalitas Di Kota Palopo. PALITA: Journal of Social-Religi Research. April 2016, Vol.1, No.1.

Kartono, Kartini. (2007). Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafida,

Kementerian Agama Republik Indonesia, (2013). Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: KARI.

Mannuhung, S., & Tenrigau, A. M. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid Dan Remaja Masjid Di Kota Palopo. To Maega Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Putra, Andi Riswandi Buana. (2015). "Peran Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah."Pedagogik:Jurnal Pendidikan 10.1

Sukardi, A. (2018). Metode Dakwah dalam Mengatasi Problematika Remaja. AlMUNZIR, 9(1).

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). Fenomena kenakalan remaja dan kriminalitas. Sosio informa, 1(2).

Yusuf, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.10590

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.10590.g7847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882