Model Pembinaan Kader Muhammadiyah Dalam Pengimplementasian Akhlaqul Karimah Dengan Metode Pengajaran Kitab Asy-Syamaail Al-Muhammadiyyah Karya Imam At-Tirmidzi Pada Sekolah Kader Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Ranting Pematang Cengal Kecamatan Tanjung

Faisal Amri Al Azhari, Said Ahmad Sarhan

Abstract


Sebagai gerakan dakwah, Muhammadiyah mengembangkan diri dari upaya membangun generasi untuk mampu merintis, mengelola, dan memimpin tahapan kepemimpinan dalam struktur Muhammadiyah, serta mengelola amal usaha dan interaksi sosial. Dengan penguatan pembinaan Generasi Muda Muhammadiyah pada tataran struktural Muhammadiyah, masa depan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, khususnya gerakan dakwah, serta keyakinan dan cita-cita kehidupan Muhammadiyah akan mengarahkan Generasi Muda Muhammadiyah (AMM). ) agar siap menjadi pelopor, pelaksana dan penyempurna Amal. Badan Usaha Muhammadiyah (AUM). Seiring dengan perkembangan yang semakin modern dan kondisi milenial yang tidak menentu serta banyaknya kecenderungan dampak negatif dari teknologi, setiap kader Muhammadiyah harus memiliki pandangan hidup dan pemahaman agama yang kuat dengan mempelajari langsung kisah hidup Nabi Muhammad SAW sebagaimana tertuang dalam kitab ash-Syamail al-Muhammadiyah karya Imam at-Tirmidzi. Secara khusus, kepribadian dan akhlak Nabi Muhammad harus dipelajari dari kitab untuk diteladani sebagai modal dasar untuk memimpin Muhammadiyah di masa depan. Maka dalam pengabdian ini diperlukan jiwa kader Muhammadiyah yang dapat dibina dalam penguatan generasi muda dalam struktur Muhammadiyah. kepribadian dan akhlak Nabi Muhammad harus dipelajari dari kitab untuk diteladani sebagai modal dasar untuk memimpin Muhammadiyah di masa depan. Maka dalam pengabdian ini diperlukan jiwa kader Muhammadiyah yang dapat dibina dalam penguatan generasi muda dalam struktur Muhammadiyah. kepribadian dan akhlak Nabi Muhammad harus dipelajari dari kitab untuk diteladani sebagai modal dasar untuk memimpin Muhammadiyah di masa depan. Maka dalam pengabdian ini diperlukan jiwa kader Muhammadiyah yang dapat dibina dalam penguatan generasi muda dalam struktur Muhammadiyah.

Keywords


Kader Muhammadiyah, Akhlaqul Karimah, Kitab Asy-Syamaail Al-Muhammadiyyah

Full Text:

PDF

References


At-Tirmidzi, Imam. Asy-Syamail am-Muhammadiyah, Terj. M. Tarsyi Hawi, Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah saw. Cet. 10. Bandung: Diponegoro, 2014.

Creswell, J. W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (3rd ed.). (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Locke, L. E., Spirduso, W. W., & Silverman, S. J. Proposals that work: A Guide for Planning Dissertation and Grant Proposal. (London: Sage, 2007)

Mavianti, Jurnal Ihsan FAI UMSU Vol. 1, No. 1 (Juni 2019).

Muhammadiyah. Qorib, Muhammad. 2018. Dakwah Di Tengah Pluralitas Masyarakat. Jurnal Intiqad. Vol. 10. No.2 Zuhdi, Muhammad Harfin. 2014. Karakteristik Pemikiran Hukum Islam. Jurnal Ahkam. Vol. XIV. No. 2.

Nashir, Haedar, Menghidupkan Wawasan Tajdid, dalam Majalah Suara Muhammadiyah, Ed.16, th 2022, 16.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif. (Bandung: Alfabeta, 2012)

Tim PKM Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FAI UMSU), Program Tahsin Quran bagi siswa sekolah Kader. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-Quran dengan baik dan benar pada siswa sekolah Kader Muhammadiyah yang ada Desa Pematang Cengal dimaksud. Dalam https://tajdid.id/2021/12/14/pkm-hibah-riset-mu-batch-v-dosen-fai-umsu-laksanakan-program-pembelajaran-tahsin-di-sekolah-kader-prm-pematang-cengal/, diakses pada 25 Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.11472

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.11472.g9414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882