Peran Pemuda Muhammadiyah Kota Medan Dalam Penanggulangan Mafia Tanah

Rahmat Ramadhani, Ida Hanifah, Ummi Salamah

Abstract


Tujuan dilaksanakannya Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) ini adalah selain untuk melaksanakan salah satu unsur dari tri dharma perguruan tinggi, maka program ini dilakukan untuk menjawab permintaan masyarakat terutama warga persarikatan muhammadiyah, khususnya P  e  m  u  d  a  Muhammadiyah kota medan untuk melakukan Kegiatan yang bertemakan Peran Pemuda Muhammadiyah Kota Medan Dalam Penanggulangan Mafia Tanah. Target khusus yang ingin dicapai dari kegiatan program ini adalah: 1) Pemuda Muhammadiyah memiliki peran penting sebagai organisasi ke Islaman untuk mengetahui tentang mafia tanah khususnya di Kota Medan  ; 2) Pemuda Muhammadiyah Kota Medan dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang modus operandi mafia tanah ; 3) Pemuda Muhammadiyah Kota Medan sebagai Organisasi Keislaman untuk melakukan penanggulangan mafia tanah khususnya di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan penyuluhan, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktik langsung. Kemudian metode pendekatan lain yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif (partisipatory approach). Tahap pelaksanaan program ini dimulai dari persiapan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam mengetahui modus operandi mafia tanah, dan juga sebagai bahan pengembangan literasi tentang penanggulangan mafia tanah

Keywords


Peran Pemuda, Penanggulangan, Mafia Tanah

Full Text:

PDF

References


Ardani MN, (2019), Peran Kantor Pertanahan dalam Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Jurnal Gema Keadilan, Vol. 6 No. 1.

Rahmat Ramadhani, (2018), Konstruksi Hukum Kepemilikan Bangunan Di Atas Tanah Hak Milik Orang Lain Berdasarkan Perjanjian Build Operate And Transfer (Bot), Jurnal EduTech Vol. 4 No. 1 Maret.

Ismail Koto, Hate Speech Dan Hoax Ditinjau Dari Undang-Undang Ite Dan Hukum Islam, SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi Volume 2 Issue 1, Years 2021.

Ramadhani, Rahmat dan Ummi Salamah Lubis. (2021). “The Function of the Delimitation Contradictory Principle in the Settlement of Land Plot Boundary Disputes”, IJRS: International Journal Reglement & Society 2, No. 3.

Ramadhani, Rahmat. (2021). “Legal Protection For Land Rights Holders Who Are Victims Of The Land Mafia”, IJRS: International Journal Reglement & Society 2, No. 2.

Ramadhani, Rahmat. (2021). “Legalisasi Aset Tanah Dan Asupan Modal Usaha Menengah Kecil Masyarakat”, Seminar Nasional Kewirausahaan 2, No. 1.

Ramadhani, Rahmat. (2022). “Kedudukan Hukum Perjanjian Perikatan Jual Beli (PPJB) dalam Kegiatan Pendaftaran Peralihan Hak Atas Tanah”, Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 3, No. 1.

Ramadhani, Rahmat. (2022). “Peran Serta Masyarakat dalam Pemberantasan Mafia Tanah Pasca Pandemic Covid-19”, Seminar Nasional Hukum, Sosial dan Ekonomi (SANKSI) 1, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.11503

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.11503.g9081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882