Pembinaan Ibadah Pemuda Muhammadiyah Sesuai Tuntunan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah Di Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Medan

Muhammad Irsyad, Said Ahmad Sarhan Lubis

Abstract


Tujuan dilaksanakannya Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) ini adalah selain untuk melaksanakan salahsatu unsur dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, maka program ini dilakukan untuk memberikan pembinaan pada Pemuda Muhammadiyah Kota Medan dalam hal penguatan Ibadah yang sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Target Khusus yang ingin dicapai dari kegiatan program ini adalah: 1) Peningkatan pemahaman peran Pemuda Muhammadiyah, 2) Bisa menciptakan kader Pemuda Muhammadiyah yang berakhlak mulia dan mencintai organisasi Muhammadiyah, 3) Berperan aktif sebagai Pemuda Muhammadiyah yang beribadah sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan penyuluhan, tanya jawab dan praktek. Tahapan pelaksanaan program ini dimulai dari persiapan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pengembangan literasi tentang kader dan Pemuda Muhammadiyah.


Keywords


Pemuda Muhammadiyah, Pemahaman, HPT, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Abbas, Salmi., Lubis, Zulkarnain., Daulay, Mahmud Yunus., Siregar, Maulana, (2016). Ibadah menurut Sunnah. Medan: UMSU Press.

Baihaqi (1996). Fiqh Ibadah. Bandung: M2S.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidiensional. Jakarta: PT BumiAksara.

Nashir, Haedar. (2019). Kuliah Kemuhammadiyahan 1. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2009). Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Lubis, Said Ahmad Sarhan (2019). Hadis Rasulullah Seputar Komunikasi Antarbudaya. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3 (1),66-80.

Lubis, Said Ahmad Sarhan & Dianto (2021). Pembinaan Kader Muhammadiyah Dalam Membangun Nilai-Nilai Toleransi Sebagai Upaya Menghadapi Perbedaan Paham Pada Masyarakat Desa Melati Kec. Perbaungan. Prodikmas UMSU: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 6 (2), 139-143.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.11548

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.11548.g9035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882