Peningkatan Pola Pendidikan Keluarga Dalam Masa Pranatal Dan Pasca Natal

Samsul Rizal, Hemawati Hemawati, Remi Alamsyah

Abstract


Manusia adalah makhluk yang sangat memerlukan bimbingan dan arahan atau pendidikan. Proses pendidikan berlangsung secara berkesinambungan. Kemudian muncul istilah pendidikan seumur hidup (long life education), Keluarga menjadi salah satu pusat pendidikan. Keluarga mulai mendidik di masa pranatal dan pascanatal. Untuk meningkatkan kompetensi orangtua dalam mendidik di Desa Tanjung Keliling, Tanjung Langkat dan Lau Tepu Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Tanjung Langkat, 23 Agustus 2022, dilakukan dengan memberikan penyuluhan dengan metode ceramah kepada ibu-ibu. Berdasarkan pemaparan yang telah disampaikan, Pendidikan Islam dalam keluarga sangat penting, oleh sebab itu setiap keluarga dalam hal ini orangtua harus memahami betul bagaimana cara mendidik dari masa Pranatal yang dimulai dari pra konsepsi (pencarian/penentuan jodoh) sampai masa pasca konsepsi yaitu masa kehamilan. Pendidikan pasca natal yaitu pendidikan masa bayi, kanak-kanak, anak-anak, remaja hingga dewasa, dimana di setiap masa ini sangat siperlukan pendidikan orangtua untuk membentuk perkembangan jasmani dan rohani anak.



Keywords


Pola, pendidikan Keluarga, Pranatal, Pascanatal

Full Text:

PDF

References


Az-Zubaidi, S. bin A. (n.d.). Mukhtasharah Shahih Bukhari. Maktabah At- Taufiqiyyah.

Dan, K., Ramli, P., Wahid, A., & Utara, S. (2014). Sebagai Tokoh Dalam Bidang Hadis Di. 3(2).

Daradjat, Z. (1970). Ilmu Jiwa Agama. Bulan Bintang.

Eka Rahayu, Hemawati, S. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAMTERHADAP PERILAKU REMAJA DI LINGKUNGAN VIII SIDO SELAMATKELURAHAN PEKAN KUALAKABUPATEN LANGKAT. 123.

Hemawati, H., Sakura, P., & Rizal, S. (2021). The Role Of Parents In Efforts To Anticipate The Negative Impact Of Social Media Development On Adolescent Behavior In The X Binjai Timur Kota Binjai. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 2(1), 7990.

Parinduri, R., Syekh, S., Halim, H. A., Al, H., & Binjai, I. (n.d.). ????? ??? ?? ?????? ??? ?? ???? ??? ?? ?????? ?? ??? ??? ??? ????? ??? ????? ?????? ?????? ??? ???? ????? ?? ??? ? ???? ???? ??? ????? ??? : ??? ??? ???? ???.

Ramayulis. (1995). Pendidikan Islam Dalam Rumah Tangga. Kalam Ilahi.

Rizal, S., Atmaja, B. K., Muhammad, F., & Perdana, I. A. (2021). Pelatihan khatib jumat bagi remaja mesjid di desa timbang lawankecamatan bahorok kabupaten langkat. Altafani: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 19. https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/altafani/article/view/9




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.11680

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.11680.g7891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882