Participatory Action Research: Pengorganisasian Masyarakat Dalam Mengurangi Penggunaan Obat Kimia Melalui Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Studi Kasus Di Desa Sidorejo, Nganjuk)

Nur Irvan Rizki, Alfina Nur Hayat, Hamidah Amalia, Moch Rizalul Wakhid, Rini Saputri, Aufa Ulil Abshar Abdalla, Arif Wijaya

Abstract


Berdasarkan data yang didapatkan oleh tim KKN-116 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, sebagian besar masyarakat Desa Sidorejo yang memiliki riwayat asam urat lebih memilih pengobatan dengan cara yang instan. Mereka cenderung untuk mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia yang sering ditemukan di apotek. Hal ini karena pengobatan berbahan kimia dinilai lebih praktis. Sayangnya, masyarakat Desa Sidorejo kurang menyadari bahwa mengkonsumsi obat-obatan yangmengandung BKO (Bahan Kimia Obat) secara terus menerus dapat memberikan efek samping dalam waktu yang panjang. Efek samping yang didapat dari penggunaan BKO diantaranya dapat menyebabkan gagal ginjal, tukak lambung, Dari pernyataan tersebut, dapat diketahui bahwa kandungan dari BKO dapat menimbulkan masalah kesehatan yang sangat serius. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mengurangi ketergantungan tingkat penggunaan obat-obatan yang mengandungbahan kimia di Desa Sidorejo. Metode atau strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Action Research (PAR). Pendekatan dengan metode PAR ini merupakan penelitian yang dilakukan bersama masyarakat serta melibatkan berbagai pihak (stakeholders) secara aktif dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) yang kemudian dilakukan sebuah perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik. Dengan beberapa strategi yang telah dijalankan masyarakat, terdapat banyak perubahan yang dicapai oleh masyarakat Desa Sidorejo. Kelompok ASMAN TOGA memiliki kepercayaan diri yang meningkat mensosialisasikanpemanfaatan TOGA. Sedangkan masyarakat Desa Sidorejo memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai kegunaan TOGA sebagai obat alternatif. Sehingga, upaya untuk meminimalisir penggunaan BKO berjalan sesuai dengan harapan masyarakat Desa Sidorejo.


Keywords


Participatory Action Research (PAR). Pengorganisasian, Pemanfaatan Asman Toga

Full Text:

PDF

References


Anshori, Moh dkk. 2021. Pendekatan-Pendekatan Dalam University-Community Engagement. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Arifin. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kerja TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dalam Rangka Pencegahan Pandemic Covid-19, Jurnal Sibermas, Vol. 10 No. 1, Hal 152.

Afandi, Agus. 2013. Modul Participatory Action Research (PAR). Surabaya: LPM UIN Sunan Ampel Surabaya.

Chaerudin, A. (2018). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan SDM. CV Jejak (Jejak Publisher).https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/062614-waspada-dengan -jamu-berbahan-kimia.

Mustaghfiroh, M., Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Sultoni, S. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi (Studi Kasus di SMK Riyadlul Quran Kabupaten Malang). JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 22–28. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p22-28.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.13660

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.13660.g9102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882