Peningkatan Peran Petani dalam Pemanfaatan Berbagai Jenis Bunga Refugia Sebagai Upaya Pengembangan Wisata Sawah di Desa Pematang Johar

Wahyuni Umami Harahap, Nurhajijah Nurhajijah, Dian Retno Intan

Abstract


Wisata sawah merupakan tempat wisata yang menonjolkan sawah sebagai pusat wisata. Wisata Sawah berada di desa Pematang Johar, kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang. Wisata sawah dikelola langsung oleh Kepala desa.  Wiisata sawah menrupakan kerja sama antara petani padi pemilik sawah dengan pengurus desa dan masyarakat yang bersedia membuka warung makanan dan minuman di sekitar areal Wisata Sawah. Berdasrkan pengamatan yang telah dilakukan oleh tim Program Kemitraan Masyarrakat diketahui bahwa Wisata Sawah sudh dikelola dengan bagus namun masih kurang dalam penggunaan refugia. Refugia meningkatkan jumlah dan jenis musuh alami. Penanaman refugia yang mengikuti kaidah arsitektur pertamanan juga mampu meningkatkan nilai estetika lahan. Peningkatan nilai estetika yang tinggi pada lahan padi menjadi dasar dalam intensifikasi lahan menjadi agrowisata. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan musuh alami di sawah sekitar Wisata Sawah. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan penyuluhan, sosialisasi dan penanaman refugia. Data hasil kegiatan dianalisis dengan disajikan dalam bentuk grafik. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penanaman refugia di wisata sawah diminati oleh petani dan akan diaplikasikan di areal sawah masing-masing. Panitia pengurus wisata sawah juga menyatakan bahwa penggunaan refugia meningkatkan estetika Wisata Sawah yang mereka kelola.


Keywords


Agrowisata, refugia, padi

Full Text:

PDF

References


Erdiansya, I. Dwi, R,K. Damanhuri. 2018. Pemanfaatan Tanaman Bunga Marigold dan Kacang Hias Terhadap Populasi Arthropoda Pada Tanaman Padi Sawah. J. Agriprima. 2(2). 117-125.

Fatima, I. (2017). Pengembangan Agrowisata Padi Sawah Berbasis Pertanian Berkelanjutan Di Kecamatan Maurole. AGRICA, 10(2), 62-74.

Puspitosari, E. (2021). Analisis Pengelolaan Taman Wisata Refugia Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Ulfah, I. F., Setiawan, A., & Rahmawati, A. (2017). Pembangunan Desa Berbasis Potensi Lokal Agrowisata di desa Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, 2(1), 46-64.

Yusnandar, W., Deliati, & Jufrizen. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.14302

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.14302.g9036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882