Menambahkan Nilai Ergo-Ikonik Pada Produk Kewirausahaan Mahasiswa untuk Meningkatkan Penjualan

Andriyansah Andriyansah, Fatia Fatimah, Rezi Rezi, Aisyah Almatul Sadiah, Harun Al-Rasyid, Meirisa Meirisa

Abstract


Indonesia belum  untuk masuk dalam kategori negara maju jika indicator yang disyarakatkan  harus mencapai 14% dari jumlah penduduk berwirausaha. Faktanya  Indonesia pada tahun 2022 baru mencapai 3,4%. Untuk mengejar kategori tersebut, Indonesia harus bebenah mulai dari revisi mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi yang harus direformasi untuk tidak mengejar pemahaman teoritis dalam ruang pembelajaran yang mengharapkan penguasaan konsep teoritis, metode dan alat untuk menganalisis fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) dan fungsi-fungsi organisasi (pemasaran, sumber daya manusia, operasi, dan keuangan) di berbagai jenis organisasi tanpa disertai dengan praktik berwirausaha. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di bidang kewirausahaan mahasiswa adalah untuk meningkatkan keterampilan bisnis dengan mengembangkan produk. Produk Kalirasa Selapan merupakan produk yang dikembangkan sebagai produk oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bukit Tinggi. Model Participatory Rural Appraisal (PRA) digunakan untuk pelibatan masyarakat dalam seluruh kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan. Kegiatan ini berhasil menghasilkan beberapa varian rasa dan logo produk telah diperkenalkan melalui pameran dan acara-acara lokal. Hasilnya dapat membuat merek, logo dan mahasiswa sudah berani untuk berjualan pada even yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.


Keywords


Kewirausahaan Mahasiswa, Nilai Ergo-Ikonik, Peningkatan Penjualan.

Full Text:

PDF

References


Alfianto, E. A., Sos, S., & AB, M. (2012). Kewirausahaan: sebuah kajian pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Heritage, 1(3), 33–42.

Amatulli, C., De Angelis, M., & Donato, C. (2020). An investigation on the effectiveness of hedonic versus utilitarian message appeals in luxury product communication. Psychology & Marketing, 37(4), 523–534.

Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi Mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144.

Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantar kewirausahaan: Rekayasa akademik melahirkanenterpreneurship.

Andriyansah. (2014). Saatnya Pintar Menulis Artikel. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera (Satunusa).

Andriyansah. (2018). Keunggulan Posisional Nilai Produk Ergo-Ikonik. Universitas Diponegoro.

Andriyansah. (2019). Transformasi Pemasaran di Era Masyarakat 4.0. In Orasi Ilmiah. Universitas Terbuka. http://andri.staff.ut.ac.id/wp-content/uploads/sites/64/2019/12/Materi-Orasi-Ilmiah_Andriyansah_2019-1.pdf

Bakhtiar, A. (2022). Pengantar Kewirausahaan AGRIBISNIS. (1st ed.). UMMPress.

Bratton, J., Gold, J., Bratton, A., & Steele, L. (2021). Human resource management. Bloomsbury Publishing.

Chambers, R. (1994). Participatory rural appraisal (PRA): Analysis of experience. World Development, 22(9), 1253-1268.

Ekaputri, R. A., & Barika. (2022). Konektor Masker: Digital Marketing oleh Ibu Rumah Tangga dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga di Kelurahan Pasar Bengkulu. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.33369/kreativasi.v1i2.23841

Fauziana, E., & Muhammad, L. F. (2022). ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN PADA PRODUK AIR MINERAL DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK AZHOM. SMART Management Journal, 3(1), 11–20.

Fitriana, N., Nargis, L., & Priyatno, A. (2021). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMA AISYIYAH I PALEMBANG. Jurnal Kompetitif, 10(2), 58–71.

H Iskandar, M. M., Sulistiyana, C. S., Neng Asiah, S. E., & Ragil Pardiyono, S. T. (2022). Kewirausahaan. Media Sains Indonesia.

Handrimurtjahjo, A. D. (2013). Model Pembelajaran Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Universitas Paramadina, 10(2), 729–755.

Hasibuan, A., Novita, D., Tarigan, N. M. R., Yusrita, Y., & Riana, Z. (2021). Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.

Helmi, A. F. (2009). Kewirausahaan di perguruan tinggi dalam perspektif psikologi. Buletin Psikologi, 17(2).

Ifham, A., & Helmi, A. F. (2002). Hubungan kecerdasan emosi dengan kewirausahaan pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 29(2), 89–111.

Jaharuddin, J., Purnawan, I., Mujiastuti, R Muthmainnah, R. N., & Prasetyawati, M. (2019). Strategi Melahirkan Mahasiswa Pengusaha Pemula (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta). Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 24(13), 25–37.

Joss, S., & Bellucci, S. (2022). Participatory technology assessment. European Perspectives. London: Center for the Study of Democracy. Center for the Study of Democracy.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. B. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880.

Kim, W., Kim, H., & Hwang, J. (2020). Sustainable growth for the self-employed in the retail industry based on customer equity, customer satisfaction, and loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 53, 101963.

Kotler, P., & Amstrong, G. (n.d.). Principle of marketing (Sixteenth edition Global version). Pearson Education. Inc.

Maharani, V. (2021). Pemasaran Online Kerajinan Perak Sebagai Potensi Desa Sodo. Jurnal Atma Inovasia, 1(3), 424–430.

Mahmud, R., Srirama, S. N., Ramamohanarao, K., & Buyya, R. (2019). Quality of Experience (QoE)-aware placement of applications in Fog computing environments. Journal of Parallel and Distributed Computing, 132, 190–203.

Marona, B., & Tomal, M. (2020). The COVID-19 pandemic impact upon housing brokers’ workflow and their clients’ attitude: Real estate market in Krakow. Entrepreneurial Business and Economics Review, 8(4), 221–232.

Mitchell, C. J. (1998). Entrepreneurialism, commodification and creative destruction: a model of post-modern community development. Journal of Rural Studies, 14(3), 273-286.

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School Branding: Strategi di Era Disruptif. Bumi Aksara.

Natalie, J. J., & Raditya, A. (2014). Perancangan Corporate Identity Transcend Medical Health Center Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.

Pramita, A., Dwityaningsih, R., Bahri, S., Harjanto, T. R., Utami, N. T., & Nuranggraeni, M. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM di Desa Widarapayung Wetan Kabupaten Cilacap. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 1(3), 191–204. https://doi.org/10.33369/kreativasi.v1i3.24332

Rusdiana, A. (2018). Kewirausahaan: Teori dan Praktek.

Safitri, E., & Nawawi, Z. (2022). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan/Enterpreneurship di Kalangan Generasi Muda. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 1689–1697.

Said, A. A. (2017). Mendesain logo. Fakultas Seni dan Desain.

Sitompul, R. G., Putri, C. E., Bachtiar, A., & Hamzah, R. E. (2021). Perubahan Logo TVRI dalam Membentuk New Image Corporate. Jurnal Cyber PR, 1(1), 45–56.

Suci, S. C., Zahara, V. M., Ginanjar, R. A., & Anwar, C. J. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA BLOKANG SERANG BANTEN. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 565–572.

Susena, E., Purwandari, S., & Ratnawati, A. Y. (2021). Pelatihan Aplikasi Bisnis Kepada Generasi Milenial Jumapolo Karanganyar. Bengawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–46.

Wahyuni, N., Sayekti, E., Gusrizal, G., Zaharah, T. A., & Nofiani, R. (2022). Pelatihan Pengolahan Hasil Laut Menjadi Produk Kaya Gizi dan Kekinian di Kub Mina Sejahtera Desa Penjajap Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas. 3(1), 23–27.

Wati, F., Aje, A. U., Nande, M., & Beda, E. (2020). BAKTI SOSIAL PEMBERSIHAN LINGKUNGAN MASJID JAMI’AT-TAQWA ONEKORE DALAM RANGKA PANCA WINDU UNIVERSITAS FLORES KE-40 TAHUN 2020. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.(1), 11–19.

Widiastuti, T. A., & Djajalaksana, Y. M. (2022). Impleentasi dan Analisis Digital Marketing pada Toko Kebutuhan Bayi dan Anak. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 119–130.

Widiyanti, R. (2021). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI VOKASI. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 1509–1515.

Wigunadika, I. W. S. (2022). Peranan Teknologi dalam Mengembangkan Bisnis: Diandra Kreatif. Diandra Kreatif.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.14361

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i1.14361.g9082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DESKRIPSI GAMBAR

Online ISSN:2685-988 2

This work is licensed under CC BY-NC-ND 4.0